Bupati Lumajang Siapkan Gedung Sekolah untuk Tampung Pengungsi Semeru

Bantuan pakaian dan makanan disebut melimpah

Lumajang, IDN Times - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mempersiapkan sekolah-sekolah untuk dijadikan lokasi pengungsian. Hal ini dikarenakan sejumlah lokasi pengungsian seperti di Balai Desa Penanggal yang sudah mulai penuh.

"Saat ini kita sedang mempersiapkan, memastikan sekolah-sekolah bisa menjadi tempat pengungsian, bagaimana ruang kelasnya cukup, toiletnya cukup, dengan distribusi logistik yang cukup," ujarnya saat berada di Kantor Kecamatan Candipuro, Senin (06/12/2021).

1. Mengurai pengungsian agar tidak terlalu sesak

Bupati Lumajang Siapkan Gedung Sekolah untuk Tampung Pengungsi SemeruWarga yang terdampak abu vulkanik dari guguran lahar panas Gunung Semeru dievakuasi dari Desa Kamar Kajang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Kebijakan ini diambil bupati agar lokasi pengungsian tidak terlalu sesak. Terlebih situasi pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga protokol kesehatan juga diharapkan tetap dipatuhi oleh masyarakat.

Disampaikan bupati bahwa saat ini Pemkab Lumajang tengah fokus melakukan evakuasi masyarakat. Selain itu bupati akan fokus terhadap proses recovery masyarakat.

"Kami betul-betul berharap ada tindak lanjut untuk percepatan recovery, saya akan sesegera mungkin berkoordinasi dengan perhutani bilamana masyarakat yang ingin pindah, banyak rumah yang hancur, tentu setelah proses evakuasi selesai," jelasnya.

Baca Juga: Sulit Tidur, Pengungsi Erupsi Semeru Alami Pusing hingga Gatal-gatal

2. Sebut bantuan pakaian dan makanan melimpah

Bupati Lumajang Siapkan Gedung Sekolah untuk Tampung Pengungsi SemeruKondisi pengungsian bencana erupsi Gunung Semeru, di Lapangan Sumberwuluh, Lumajang. IDN Times/Ulil Albab.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengungkapkan, bahwa kondisi saat ini bantuan berupa makanan, baju layak pakai sudah berlebih. Oleh karena itu, diharapkan agar bantuan lebih baik berupa dana transfer agar penanganan korban bencana lebih tepat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian semua masyarakat Indonesia. Sembako, makanan, baju layak pakai sangat berlebih. Kami mengharap bantuannya nanti lebih baik berubah dana transfer, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan korban APG Gunung Semeru sesuai kebutuhan," ungkap dia.

3. Baznas siap tampung donasi uang secara transfer

Bupati Lumajang Siapkan Gedung Sekolah untuk Tampung Pengungsi SemeruSejumlah korban luka bakar letusan Gunung Semeru dirawat di RSUD Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Seno)

Indah juga mengungkapkan, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan relawan yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak korban awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

"Mohon apabila berniat memberikan sumbangan agar tidak mubadzir, mohon berupa dana saja yang ditransfer ke rekening Baznas," terangnya.

Ia menambahkan, bahwa dana tersebut nantinya akan digunakan untuk penanganan pasca bencana. Berikut Rekening Baznas Kabupaten Lumajang untuk menyalurkan bantuan korban bencana APG Gunung Semeru, Bank BRI 004401002266567.

Baca Juga: 3 Jenazah Korban Erupsi Gunung Semeru Ditemukan di Satu Rumah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya