Buat Surat Edaran, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Diet Plastik

Banyuwangi ingin berkontribusi kurangi volume sampah

Banyuwangi, IDN Times - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas membuat Surat Edaran (SE) tentang pengurangan penggunaan sampah plastik. Surat tersebut, berisi ajakan kepada masyarakat untuk diet sampah plastik, dalam artian mengurangi penggunaan sampah plastik dalam aktivitas sehari-hari.

1. Berkontribusi mengurangi volume penggunaan sampah di dunia

Buat Surat Edaran, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Diet PlastikIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Ajakan mengurangi penggunaan sampah disampaikan melalui instansi, perkantoran, kader PKK setingkat kecamatan dan desa. Anas menilai, surat edaran yang dibuat sangat penting untuk berkontribusi mengurangi penggunaan kantong plastik. Sampah plastik telah menjadi permasalahan global dan menjadi perhatian nasional dan dunia.

“Kami menyadari, kalau harus meninggalkan penggunaan kantong plastik sepenuhnya, mungkin masih sulit. Dan tidak mungkin juga semua sampah plastik di daur ulang, pengurangan adalah kuncinya. Semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkan hal ini,” kata Anas, Jumat (1/3).

2. Indonesia masih menduduki rangking kedua penyumbang sampah plastik

Buat Surat Edaran, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Diet PlastikIDN Times/Istimewa

 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah sampah plastik di Indonesia terus bertambah hingga 64 ton per tahun. Angka tersebut, menduduki nomor dua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di laut.

Sementara, di Banyuwangi sendiri berdasar hasil studi lingkungan komponen sampah warga, terdiri atas sampah plastik 25 persen dan 75 persen sampah organik.


“Meski demikian bukan berarti kita tidak peduli pada pengurangan sampah plastik. Karena kita memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur, mencapai 175 KM. Ini yang perlu diwaspadai, jangan sampai Banyuwangi menjadi penyumbang sampah plastik bagi Indoensia,” terangnya.

Baca Juga: Hotel Kokoon Tambah Daftar Hotel Berbintang di Banyuwangi

3. Mengajak masyarakat menggunakan tumbler maupun tas kain

Buat Surat Edaran, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Diet PlastikIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Dalam surat, Anas mengajak warga secara perlahan bisa mulai menggunakan tumbler untuk minum atau tas kain belanja agar bisa digunakan berulangkali. Namun terpenting perlu dibangun mindset warga untuk lebih peduli pada lingkungan.


“Kami berharap adanya kesadaran warga, mari kita semua memulai dari diri sendiri dan keluarga. Minimal mengganti kantong plastik dengan kantong yang lebih ramah lingkungan, misalnya membawa tas dari rumah saat belanja. Biasakan juga anak-anak kita dan kita sendiri membawa tumbler (wadah minum) yang bisa diisi ulang. Aksi ini sangat berarti untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan bagi anak cucu kita nanti,” harap Anas.

4. Memasang spanduk tentang ajakan diet plastik di pusat perbelanjaan

Buat Surat Edaran, Bupati Banyuwangi Ajak Warga Diet PlastikDok IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Husnul Chotimah, menjelaskan, dalam SE Bupati berisi beberapa himbauan seperti  membatasi penggunaan wadah minum sekali pakai, dan melakukan daur ulang sampah plastik baik secara mandiri atau menunjuk pihak lain yang berkompeten.


"Pengusaha retail juga diwajibkan untuk  memasang spanduk himbauan di area usahanya yang mengarah pada pengurangan penggunaan kantong plastik, dan apabila mendesak warga diimbau untuk mengunakan tas belanja plastik yang mudah terurai dengan standar SNI,” kata Husnul.

Setelah surat edaran disebar ke instansi, perkantoran hingga warga, pihaknya juga akan mensosialisasikan melalui Creative Recycled pada 16 Juli 2019 mendatang. Acara tersebut digelar untuk kampanye pengurangan sampah, terutama sampah plastik. 

"Rencananya akan diisi acara yang menarik. Mulai sosialisasi tentang bahaya sampah plastik dan cara pengurangannya, anak-anak juga kami ajak bermain mendesain sampah plastik yang sudah ada. Kampanye ini harus dinulai dari anak kecil, agar ke depan bisa menjadi gaya hidup," terang Husnul.

Baca Juga: Selalu Sepi di Awal Tahun, Pemilik Hotel Banyuwangi-Jember Cari Solusi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya