Comscore Tracker

Belum Ditemukan Kasus Corona, Warga Bondowoso Dirikan Rumah Steril

Inisiatif warga didukung Satgas kecamatan

Bondowoso, IDN Times - Warga Desa Jeruk Sok Sok, Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso berinisiatif membuat rumah steril di pintu masuk utama kawasan itu untuk menjegah sebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Hal ini dilakukan mengingat di Kabupaten Bondowoso hingga saat ini belum terdapat warganya yang dinyatakan positif terpapar virus corona.

1. Menjadi tempat cek pemudik yang datang

Belum Ditemukan Kasus Corona, Warga Bondowoso Dirikan Rumah SterilGambar ilustrasi virus corona (IDN Times/ istimewa)

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz mengatakan, tempat tersebut berfungsi sebagai tempat check point gejala COVID-19 terhadap warga desa yang baru datang dari luar kota, atau mudik lebih awal.

"Inisiatif warga Desa Jeruk Sok Sok ditangkap langsung oleh satuan tugas penanganan COVID-19 tingkat kecamatan. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat dalam membantu mencegah penularan virus Corona di wilayah tersebut yang bagus," kata Kapolres saat meninjau rumah steril inisiatif warga, Rabu (1/3).

2. Desa lain juga mendirikan rumah steril

Belum Ditemukan Kasus Corona, Warga Bondowoso Dirikan Rumah SterilRumah steril tanggap COVID-19 di Bondowoso. IDN Times/Istimewa

Tidak hanya di Desa Jeruk Sok Sok, warga di Kecamatan Binakal juga membuat rumah steril di beberapa desa, antara lain di Desa Baratan, Jeruk Sok Sok, Bendelan dan Sumber Tengah

"Ada delapan desa di Kecamatan ini. Yang empat sudah berdiri rumah sterilnya. Sedangkan untuk 4 Desa lainnya masih proses penyiapan," katanya.

3. Minta warga pro aktif

Belum Ditemukan Kasus Corona, Warga Bondowoso Dirikan Rumah Sterilinstagram.com/idntimes

Selanjutnya, seluruh jajaran satuan tugas penangan COVID-19 juga membuka posko observasi di Terminal. Tujuannya, tak lain untuk mencegah masuknya pembawa virus atau carrier ke Bondowoso.

"Bondowoso memang zona orange, tapi bukan berarti kita lengah. Kita lakukan berbagai hal untuk mencegah masuknya corona ke Bondowoso," jelasnya.

Dia berharap, warga di desa lain juga pro aktif untuk melapor bila terdapat warga yang baru datang dari luar kota.

"Saya harapkan selanjutnya, warga juga proaktif untuk melaporkan jika ada yang baru saja tiba ke desanya untuk kemudian dibawa ke posko observasi. Untuk check point," ujarnya.

Di rumah steril tersebut, sejumlah personil TNI, Polri, Pemerintah kecamatan dan Desa, serta petugas kesehatan juga ikut standby melakukan pengecekan kepada siapapun yang masuk.

Baca Juga: Cegah COVID-19 Masuk, Bondowoso Bentuk Satgas Khusus di Perbatasan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya