Comscore Tracker

13.826 Peserta Akan Ikuti Ujian SBMPTN di Unej, Ada Petugas Anti Joki

Ujian akan dipantau secara ketat

Jember, IDN Times - Mulai 17 Mei nanti, akan ada 13.826 lulusan siswa dari berbagai daerah yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Jember. Saat ini, Universitas Jember telah bersiap diri menyambut para siswa. Mulai dari kesiapan tim petunjuk lokasi hingga petugas pemeriksaan joki ujian.

1. Tes akan dibagi dua gelombang

13.826 Peserta Akan Ikuti Ujian SBMPTN di Unej, Ada Petugas Anti JokiIlustrasi ujian peserta SBMPTN di Unej. IDN Times/Dok Unej

Ketua Pusat UTBK Universitas Jember, Prof. Slamin mengatakan, persiapan UTBK sudah mencapai 70 persen. "Tadi telah melakukan uji coba server dan kestabilan jaringan internet. Hasilnya memuaskan, tidak ada masalah. Akan ada 13.826 peserta UTBK dari berbagai kota di kampus Tegalboto,” ujar Prof. Slamin, Kamis (28/4/2022).

Untuk diketahui UTBK SBMPTN 2022 digelar dalam dua gelombang yakni gelombang pertama 17 hingga 23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022.

2. Unej sudah lakukan berbagai persiapan untuk sambut mahasiswa

13.826 Peserta Akan Ikuti Ujian SBMPTN di Unej, Ada Petugas Anti JokiIlustrasi ujian peserta SBMPTN di Unej. IDN Times/Dok Unej

Guru besar di bidang Teori Graph ini menambahkan, tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan pengawas serta kebutuhan panitia dan peserta UTBK. Persiapan yang dilakukan misalnya terkait jumlah pengawas sesuai dengan Petunjuk Operasional Baku (POB) yang ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), petunjuk lokasi UTBK, prosedur pemeriksaan bagi peserta UTBK untuk menghindari joki, penyediaan APD, hingga pemasangan QR code Peduli Lindungi di lokasi UTBK.

“Rencananya, pada tanggal 9 Mei 2022 nanti di hari pertama masuk kerja seusai libur Hari raya Idul Fitri kami akan kumpulkan seluruh pengawas untuk memastikan semua komponen panitia paham tugas dan fungsinya,” kata Slamin.

Baca Juga: 5 Jurusan Terfavorit di Unej Pilihan Peserta SBMPTN 2022

3. Peserta harus memenuhi beberapa syarat, termasuk vaksinasi

13.826 Peserta Akan Ikuti Ujian SBMPTN di Unej, Ada Petugas Anti JokiIlustrasi ujian peserta SBMPTN di Unej. IDN Times/Dok Unej

Untuk menghindari potensi penularan COVID-19, Panitia Pusat UTBK Universitas Jember mengimbau agar seluruh peserta UTBK SBMPTN 2022 sudah mendapatkan vaksin booster dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Nantinya, peserta UTBK SBMPTN 2022 dapat menunjukkan sertifikat atau surat keterangan telah mendapatkan vaksin booster saat mengikuti ujian.

Sementara bagi peserta yang baru mendapatkan vaksin kedua, maka wajib memiliki surat keterangan telah melakukan pemeriksaan swab antigen dengan hasil negatif yang berlaku selama satu kali dua puluh empat jam.

Walaupun telah mendapatkan vaksin booster atau vaksin kedua, semua peserta tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, menjaga jarak dan melengkapi diri dengan hand sanitizer.

“Bagi seluruh peserta mohon tetap jaga kesehatan, giat belajar dan banyak berdoa dalam menghadapi UTBK SBMPTN,” jelasnya.

Baca Juga: Guys! Unej Buka Jalur SBMPTN Sampai 15 April

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya