Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot Surabaya

Bisa belajar nih dari negara tetangga

Setelah Jakarta yang akhirnya memiliki MRT yang sudah lama dinanti, Pemerintah Kota Surabaya kini sedang menggodok rencana pembangunan subway di Kota Pahlawan. Hal ini merupakan angin segar bagi masyarakat Surabaya. Maklum, sistem transportasi umum transportasi trem yang sempat diwacanakan kandas.

Menurut kamus Oxford, arti kata subway berarti sistem angkutan kereta cepat bawah tanah yang telah lama dikembangkan di beberapa negara maju. Kota London yang pertama memiliki sistem ini pada tahun 1863, kemudian berkembang di kota-kota besar di dunia.

Nah, Berikut ini adalah beberapa negara yang sudah lama menerapkan sistem subway di kota mereka yang bisa kita jadikan referensi. Salah satunya terdapat Indonesia loh. 

1. London Underground atau 'TheTube'

Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot SurabayaPixabay.com/Skitterphoto

London merupakan kota pertama di mana sejarah subway dimulai. London Underground memulai pembangunannya di tahun 1860, ketika metropolitan railway membangun terowongan sepanjang 5 kilometer di bawah tanah yang menghubungkan daerah paddington ke farringdon street. Pengerjaan proyek ini selesai tiga tahun kemudian, tepatnya pada 10 Januari 1863, London Underground mulai beroperasi hingga sekarang. 

Masyarakat lokal kerap menjuluki London Underground sebagai 'The Tube' karena bentuknya menyerupai mesin melingkar atau tabung yang membuat jalur transit lebih efisien. pada awal era perancangan ini, beberapa pemuka agama di Inggris Raya pernah menuding bahwa proyek ini berusaha untuk menerobos neraka karena membuat jalur kereta bawah tanah pertama di dunia.

Namun, seiring berjalannya waktu dan melihat kesuksesan dari kereta bawah tanah ini, dunia memuji dan mengakui keberhasilan yang dicapai. Semenjak itu, beberapa kota di dunia pun mulai menggarap metropolitan railway dengan harapan memudahkan penduduk untuk berpergian dalam kota.

Dilansir dari oldest.org, Hingga saat ini London underground beroperasi dengan jumlah penumpang rata-rata 1.3 miliar per tahun dengan panjang jalur 304 kilometer dan memiliki 270 stasiun yang tersebar di seluruh penjuru Kota London. Dengan adanya sistem transportasi ini, terjadi perluasan wilayah London hingga daerah suburban. Populasi di kota tersebut pun meningkat seiring berjalannya waktu. 

2. NYC Subway di Kota New York, Amerika Serikat

Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot SurabayaPixabay.com/12019

New York City, yang juga dijuluki sebagai 'the big apple city'  ini merupakan salah satu kota paling sibuk di dunia. Kondisi itu membuat sistem transportasi menajdi hal yang sangat penting untuk menunjang berkembangnya kota. Sistem subway di New York merupakan salah satu jaringan subway terbesar di dunia. Dibuka pada tahun 1904, saat ini NYC subway beroperasi dengan panjang jalur 1.367 kilometer dan memiliki 472 stasiun yang tersebar di seluruh kota New York. 

Alfred Ely Beach merupakan penemu sistem subway pertama di Amerika Serikat, yang disebut juga The Beach Pneumatic transit. Pada awalnya, rancangan ini tidak sesuai dengan apa yang Alfred harapkan. Setelah melalui beberapa kali kegagalan, NYC Subway pun terealisasi.

Berdasarkan sumber Thrillist.com, setiap harinya terdapat 5,8 juta penumpang yang menggunakan layanan NYC Subway ini. Angka tersebut bahkan lebih besar dari jumlah penduduk yang ada di Denmark. Di setiap tahunnya, NYC Subway juga mengadakan acara Vintage Subway Cars untuk mengingat kembali suasana new yorkers pada era 80 an.

3. Beijing Metro, tertua di Tiongkok

Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot SurabayaPixabay.com/Aikuyu

Ibu kota dari Republik Rakyat Tiongkok, Beijing, juga memiliki salah satu sistem metro atau subway yang tidak kalah hebat dari kota besar lainnya di dunia. Pertama kali proyek ini diajukan pada tahun 1953 oleh pemerintah setempat yang dibantu oleh beberapa ahli dari Uni Soviet. Pada tahun 1965 proyek pembangunan Beijing Metro ini berjalan dan diselesaikan dalam waktu 4 tahun. 

Tepat pada 1 Oktober 1969, Beijing Metro dibuka untuk umum dan merupakan sistem metro tertua di daratan Tiongkok. Hingga saat ini, Beijing metro melayani rute sejauh 608 kilometer dengan memiliki 370 stasiun. setiap tahunnya terdapat 3.78 miliar penumpang yang menggunakan jasa angkutan ini.

4. Singapore Mass Rapid Transit, MRT terbaik di dunia

Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot SurabayaPixabay.com/Cegoh

Singapore Mass Rapid Transit (SMRT) merupakan salah satu subway yang tercanggih di dunia dan terbesar di Asia Tenggara. Dibangun sekitar tahun 80an, hingga saat ini SMRT sudah mengoperasikan 113 stasiun yang tersebar di seluruh penjuru negara singa tersebut. Transportasi ini menjadi sangat penting bagi penduduk lokal dan juga turis yang berkunjung ke Singapura. Terdapat sekitar 2,8 juta penumpang setiap harinya.

Saat ini, pemerintah setempat sedang melakukan perluasan jaringan MRT di Singapura  sepanjang 82,3 kilometer. Biaya untuk proyek perluasan jaringan ini dapat menghabiskan kiranya Rp80 triliun yang akan rampung pada tahun 2025.

5. Sistem angkutan massal kereta di Malaysia

Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot SurabayaIDN Times/Lazuardi Putra

Negara Malaysia, khususnya di Kuala Lumpur memiliki sistem angkut massal berbasis rel yang cukup terintegrasi dan efisien. Mereka menyatukan dalam suatu sistem integrasi yang dinamakan Klang Valley Integrated Transit System (KVIT). Sistem ini mencangkup daerah Klang Valley dengan jaringan MRT, LRT, Monorail, dan jalur kereta KLIA Express menuju bandara.

Di tahun 2016, pemerintah Malaysia meresmikan sistem MRT pertamanya yang beroperasi menggunakan jalur rel bawah tanah. Hingga saat ini hanya terdapat satu jalur MRT yang melayani Sungai Buloh hingga kajang, atau yang kerap disebut MRT SBK.

Dikutip dari DW.com, setiap hari nya MRT di Malaysia dapat mengangkut kurang lebih 2 juta penumpang dengan panjang jaringan sejauh 170 kilometer. Ke depannya, berencana Malaysia akan melakukan ekspansi sejumlah jaringan MRT di Kuala Lumpur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Trem Gagal, Pemkot Surabaya Siapkan Kereta Bawah Tanah

6. Jakarta MRT

Mengenal Subway, Moda Transportasi yang Sedang Digagas Pemkot SurabayaPixabay.com/Iqbalnuril

Baru-baru ini, warga Indonesia sedang bergembira karena pada akhirnya negara kita memiliki moda angkutan kota MRT. Tidak kalah dengan MRT di kota-kota besar lainnya di dunia, MRT Jakarta juga memiliki fasilitas rel bawah tanah (underground) dan rel layang. Koridor pertama yang telah beroperasi melayani dari stasiun Lebak Bulus hingga stasiun Bundaran HI sejauh 15,7 kilometer. Proses pembangunan memerlukan waktu yang cukup lama, mulai sejak oktober 2013 hingga maret 2019 baru beroperasi.

Dilansir dari Dephub.go.id, Biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun sistem subway di Jakarta adalah Rp1 triliun per kilometer. Angka ini lebih tinggi dibanding LRT ataupun Monorail. 

Jumlah penumpang MRT di Jakarta setiap harinya tembus di angka kurang lebih 150.000 penumpang, dengan tarif Rp10.000 per 10 Km. Diharapkan dengan adanya MRT di Jakarta, penduduk lokal dapat beralih ke transportasi umum sehingga mengurasi polusi yang ada di Jakarta sekarang.

Ke depannya, pembangunan tahap dua akan dilaksanakan pada bulan Desember tahun ini dengan jalur Bundaran HI hingga Kampung Bandan, Jakarta Utara. Estimasi proyek ini akan selesai pada tahun 2024.

Nah, Setelah mengetahui perkembangan sistem subway di berbagai kota besar di dunia, kita mengharapkan Surabaya akan segera memiliki sistem angkutan umum berbasis subway pertamanya. Dengan adanya moda transportasi umum yang baik, pertumbuhan ekonomi akan semakin pesat. 

 

Baca Juga: Keren, Subway di Singapura Akhirnya Resmi Dinyatakan Halal!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya