Warga Muhammadiyah Jatim Mulai Salat Tarawih Malam Ini

Marhaban Ya Ramadan

Surabaya, IDN Times - Warga Muhammadiyah di Jawa Timur mulai melaksanakan salat tarawih malam ini, Jumat (1/4/2022). Hal ini mengingat, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada 2 April 2022.

1. 1 Ramadan ditentukan dengan metode hisab wujudul hilal

Warga Muhammadiyah Jatim Mulai Salat Tarawih Malam IniIlustrasi salat Tarawih di bulan Ramadan. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim), Tahmid Masyhudi mengatakan, Muhammadiyah jauh-jauh hari sudah menetapkan tanggal jatuhnya 1 Ramadan 1443 Hijriah. Penetapan tersebut berasarkan meteode hisab wujudul hilal.

"Iya jadi Muhammadiyah pendekatannya adalah pendekatan hisab maka Muhammadiyah tahu kapan awal bulan di setiap bulannya itu sudah tahu jadi Ramadan sudah ditetapkan jauh-jauh hari, bahwa Ramadan tahun 1443 Hijriah itu besok hari Sabtu," ujarnya kepada IDN Times, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Muhammadiyah Umumkan 1 Ramadhan Jatuh pada 2 April 2022

2. PW Muhammadiyah Jatim instruksikan semua masjid siapkan salat tarawih

Warga Muhammadiyah Jatim Mulai Salat Tarawih Malam IniIlustrasi Logo Muhammadiyah. muhammadiyah.or.id

Pihaknya telah menginstruksikan kepada semua masjid di Jawa Timur untuk menyiapkan ramadan dengan sebaik mungkin. Termasuk juga menyiapkan salat tarawih pada malam nanti.

"Kita instruksikan kepada semua masjid dan Musola yang ada di Jawa Timur untuk menyiapkan Ramadan dengan sebaik-baiknya dan termasuk pelaksanaan salat tarawih," ungkapnya. 

3. Saf salat tarawih berjamaah diperlonggar

Warga Muhammadiyah Jatim Mulai Salat Tarawih Malam IniANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Tahmid menuturkan, untuk pelaksanaan sholat tarawih kali ini, saf sholat di masjid sudah diperlonggar. Hal tersebut disesuaikan dengan aturan yang diberlakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kalau tahun 2020 kan awal pandemi dulu, mmang dilarang untuk melaksanakan teraweh dengan berjamaah termasuk Tadarus di malam hari nah tahun 2021 juga sama, tahun ini kita sudah menganggap bahwa pandemi ini sudah mendekati pada Endemik maka boleh diperlonggar," jelasnya.

Meski begitu, ia menghimbau kepada semua jamaah yang hendak sholat berjamaah di Masjid agar tetap mejaga protokol kesehatan. Terutama memakai masker.

Baca Juga: Awal Ramadan Tahun Ini Antara Muhammadiyah-Pemerintah Potensi Berbeda

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya