Survei Indopol, Gerinda dan PDIP Jatim Bersaing Ketat

Ini karena Prabowo nyapres

Surabaya, IDN Times - Indopol Survey & Consulting memaparkan hasil survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Hasilnya, Partai Gerindra dan PDI Perjuangan bersaing ketat. 

1. Elektabilitas PDI Perjuangan pertama disusul Gerindra

Survei Indopol, Gerinda dan PDIP Jatim Bersaing Ketat(IDN Times/Sukma Shakti)

Direktur Indopol Survey Jawa Timur Fauzin mengungkap PDI Perjuangan masih teratas dengan elektabilitas 20,1 persen. Kemudian disusul Gerindra di posisi kedua dengan 16 persen. 

Faizin menjelaskan, Gerindra bisa menjadi Runner-up, salah satunya efek dari pencapresan Prabowo Subianto. Selain itu juga Gerindra disebut dekat dengan Nahdliyin. 

"Keunggulan elektabilitas PDI Perjuangan secara nasional dalam survei Indopol Survey dan Consulting juga terjadi dalam survei regional Jawa Timur bulan Maret 2024 ini," kata Fauzin dalam keterangannya, Jumat (11/5/2023).

Kemudian, diurutan ketiga ada  elektabilitas 14,6 persen. Kemudian disusul Golkar dengan elektabilitas 10,2 persen. Lainnya di bawah 10 persen.

Baca Juga: Jadi yang Pertama, PDIP Jatim Daftarkan 120 Bacaleg ke KPU

2. PDI Perjuangan unggul di wilayah arek dan Mataraman

Survei Indopol, Gerinda dan PDIP Jatim Bersaing KetatIlustrasi - Ketua Umum PDIP Megawati Seokarnoputri dan sejumlah kader PDIP. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Fauzin menjelaskan, dalam hasil surveinya itu, PDI Perjuangan merajai di wilayah arek dan mataraman. Namun di Madura, PDI Perjuangan kalah telak.

"Berdasarkan pembagian wilayah sub-kultural di Jawa Timur, PDI Perjuangan hanya kalah telak di Madura dengan perolehan hanya 1,8 persen. Sementara di wilayah Arek memperoleh 25,4 persen Mataraman 17,4 persen," jelasnya.

PDI Perjuangan, lanjut Fauzin juga unggul telak di wilayah Pantura sebesar 28,3 perjuangan dan Pendalungan-Oseng 22,4 persen.

Lebih lanjut Fauzin menyebut di sektor pekerjaan, cenderung para nelayan memilih partai di luar PDI Perjuangan, yakni memilih Golkar. "Pilihan tertinggi nelayan diberikan kepada Golkar," tambahnya.

3. Survei dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling

Survei Indopol, Gerinda dan PDIP Jatim Bersaing Ketatpixabay/andibreit

Survei Indopol ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling. Jumlah responden sebesar 1.040 yang tersebar di 38 Kota/kabupaten di Jawa Timur, dengan margin of error ± 3.1 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Kriteria responden yang diwawancarai tatap muka berumur 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki Hak Pilih (berdasarkan DPT KPU RI, Tahun 2022). Survei dilakukan pada tangga 16-24 Maret 2023. Seluruh responden berhasil diwawancarai. Untuk menjaga kualitas hasil survei dilakukan quality control berlapis, di antaranya adalah monitoring, spotcheck sebesar 30 persen jumlah responden dan foto-foto yang didokumentasikan sebagai alat kontrol.

Berikut hasil survei Indopol terkait elektabilitas parpol di Jatim:

1. PDI Perjuangan 20,1 persen

2. Partai gerindra 16 persen

3. PKB 14,6 persen

4. Partai Golkar 10,2 persen

5. Partai Demokrat 8,4 persen

6. Partai Nasdem 6,2 perseb

7. PPP 4,6 persen

8. PAN 4,1 persen

9. Perindo 3,7 persen

10. PBB 3,3 persen

11. PKS 1,7 persen

12. PSI 1,6 persen

13. Gelora 1,4 persen

14. Partai Buruh 1,3 persen

15. Partai Hanura 1,2 persen

16. PKN 0,7 persen

17. Ummat 0,6 persen

18. Garuda 0,5 persen

Baca Juga: 5 Besar Elektabilitas Jatim: PDIP, PKB, Gerindra, Golkar dan Demokrat

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya