Salat Tarawih, Masjid Al Akbar Surabaya Bisa Tampung 9 Ribu Jemaah

Alhamdulillah bisa salat Jamaah

Surabaya, IDN Times - Masjid Al-Akbar Kota Surabaya siap menggelar salat tarawih di Bulan Ramadan 1443 Hijriah/2022. Masjid Agung ini, mampu menampung 9 ribu jemaah. Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Helmy Noor mengatakan, pihaknya sudah memperlonggar jarak antar saf. Jika biasanya jarak yang diatur adalah kiri kanan, kini hanya depan belakang.

"Jarak jemaah depan belakang 50 cm, Biasanya jarak kiri kanan," ujar Helmy saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (2/4/2022).

1. Masjid Al-Akbar terapkan protokol kesehatan yang ketat

Salat Tarawih, Masjid Al Akbar Surabaya Bisa Tampung 9 Ribu JemaahPenyemprotan Disinfektan di Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (17/3). (Dok. Humas Masjid Al Akbar)

Selain itu, Masjid Al-Akbar juga masih menerapkan protokol kesehatan. Seperti penyemprotan disinfektan di area salat 3 kali sehari, jemaah wajib pake masker, cek suhu dan pemberian handsanitizer di pintu masuk.

"Untuk menghindari kerumunan usai sholat tarawih, maka sandal atau alas kaki wajib dimasukkan ke dalam tas lalu ditaruh di dekat area salat," ungkap Helmy.

2. Pintu masuk jemaah bakal diatur

Salat Tarawih, Masjid Al Akbar Surabaya Bisa Tampung 9 Ribu JemaahSuasana Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (31/7/2020). IDN Times/ Dok istimewa

Pintu masuk jemaah juga bakal diatur. Jumlah pintu Masjid Nasional Al Akbar adalah 45 buah yang terletak di sisi utara, timur dan selatan.

"Jemaah perempuan masuk ke area sholat melalui pintu Utara 3, dan 6, Pintu Timur No 18. Jemaah pria masuk ke area masjid melalui pintu lorong utara antara pintu 5 dan 6 Pintu Timur No 22 dan 24 serta Pintu Selatan Nomor 43," jelas Helmy.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah Jatim Mulai Salat Tarawih Malam Ini

3. Salat Tarawih di Masjid Al-Akbar diselenggarakan 23 rakaat

Salat Tarawih, Masjid Al Akbar Surabaya Bisa Tampung 9 Ribu JemaahSuasana Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (31/7/2020). IDN Times/ Dok istimewa

Ia menuturkan, proses ibadah di Masjid Al-Akbar diawali salat Isya. Kemudian dilanjutkan tausiyah dan salat Tarawih 23 Rakaat. "23 rokaat temasuk salat witir," sebutnya.

Sementara, Imam Tarawih Masjid Al-Akbar Surabaya akan membaca surat atau ayat-ayat pendek. Nantinya durasi Tausiyah Tarawih maksimal adalah 10 menit.

Baca Juga: Masjid Al Akbar Surabaya Gelar Salat Gerhana, Terbuka Bagi Masyarakat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya