Rapi, Begini Kondisi Pasar Turi Usai TPS Dibongkar

Sudah bersih rek

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya telah melakukan pembongkaran terhadap Bangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi sejak Senin (21/3/2022) lalu. Kini TPS Pasar Turi sudah rata dengan tanah. 

1. Pasar Turi Baru terlihat lebih jelas

Rapi, Begini Kondisi Pasar Turi Usai TPS DibongkarKondisi Pasar Turi Baru usai TPS dibongkar, Sabtu (26/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Dari pantauan IDN Times di lapangan, Sabtu (26/3/2022)  terlihat bangunan TPS Pasar Turi sudah rata dengan tanah. Hanya ada beberapa sisa-sisa puing kayu yang belum dibersihkan.

Sejumlah petugas terlihat tengah meratakan bangunan tersebut dengan tanah. Selain itu,  terdapat 3 mobil bechoe yang tengah membantu petugas. Bangunan Pasar Turi Baru kini terlihat dengan jelas. Bahkan, daerah kumuh di sepanjang jalan itu, juga sudah mulai bersih.

2. Setelah rata akan dilakukan pengaspalan

Rapi, Begini Kondisi Pasar Turi Usai TPS DibongkarKondisi Pasar Turi Baru usai TPS dibongkar, Sabtu (26/3/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan bahwa saat ini TPS Pasar Turi dalam proses penggerukan sisa-sisa bangunan. Setelah pengerukan tersebut selesai, pihaknya akan melakukan pengasapalan.

"Harapan kita sebelum tanggal 28 selesai. Senin itu sudah klir supaya aktivitas perekonomiaan juga sudah jalan," ujar Eddy. Nantinya ex TPS Pasar Turi akan difungsikan kembali sebagai jalan umum. Jalan tersebut akan menjadi jalan tembusan menuju Tugu Pahlawan.

Baca Juga: Pedagang Berkemas, TPS Pasar Turi Dibongkar 

3. Di Pasar Turi juga akan dibangun saluran air

Rapi, Begini Kondisi Pasar Turi Usai TPS DibongkarSuasana Tempat Penampungan Sementara pedagang Pasar Turi sebelum dibongkar Selasa (15/3/2022). (DN Times/Khusnul Hasana)

Selain proses pengaspalan, Pemkot Surabaya juga akan melakukan pembangunan saluran air di ex bangunan TPS Pasar Turi. Hal tersebut mengingat selama ini daerah tersebut rawan banjir.

"Untuk saluran nanti saya tanya ke PU (Pekerjaan Umum) nanti agar bisa dibantu. Untuk estetika pasti nanti ada penataan oleh Dinas Lingkungan Hidup," pungkasnya.

Baca Juga: 15 Tahun Jadi 'Pasar Turu', Begini Fakta Pasar Turi Pasca Terbakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya