Petinggi Satpol PP Surabaya Diduga Jual Barang Hasil Penertiban

Diduga bernilai ratusan juta rupiah

Surabaya, IDN Times - Seorang petinggi Satpol PP Kota Surabaya diduga telah menjual barang-barang hasil penertiban. Barang-barang tersebut bernilai ratusan juta. Diduga, petinggi Satpol PP ini, menjual hasil barang penertiban yang ada di gudang penyimpanan hasil penertiban Satpol PP Surabaya, Jalan Tanjung Sari Baru 11-15, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

1. Kasus diungkapkan Komunitas Peduli Surabaya

Petinggi Satpol PP Surabaya Diduga Jual Barang Hasil PenertibanSatpol PP Surabaya tertibkan pengemis musiman. (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Kasus ini diungkap oleh Komunitas Peduli Surabaya, Julianto. Menurutnya, hal tersebut tak lagi menjadi rahasia umum di lingkungan Pemkot. Bahkan, kasus ini sudah menjadi desas-desus di internal pemkot.

Julianto, mengaku telah memantau gudang Satpol PP Surabaya itu, dan berdasarkan pantauannya semua kegiatan di tempat tersebut sudah dihentikan. Sebab, ada dugaan barang hasil penertiban Satpol PP Surabaya dijual tidak sesuai prosedur. “Tentu ini sudah menyalahi aturan,” ujarnya.

Menurutnya, di gudang tersebut tersimpan semua barang hasil penertiban Satpol PP Surabaya. Mulai dari potongan reklame, potongan utilitas, spanduk, tower, rombong dan barang hasil penertiban lainnya.

“Jadi, isinya di dalam gudang itu kayu, besi, dan kabel. Makanya, nilainya pasti besar kalau dirupiahkan,” kata dia.

2. Berharap petinggi Satpol PP ditindak

Petinggi Satpol PP Surabaya Diduga Jual Barang Hasil PenertibanIlustrasi Satpol PP Surabaya melakukan pemantauan dan pengawasan terutama mengenai prokes, jam operasional, dan kapasitas pengunjung. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Sehingga, ia berharap petinggi Satpol PP itu ditindakan. Sebab, hal itu sudah menyalahi aturan dan itu sudah bisa masuk ke dalam ranah korupsi.

"Padahal oknum ini sudah ASN dan pasti pendapatannya sudah tinggi. Masak masih kurang aja, apalagi ini warga baru mau bergerak perekonomiannya, mana rasa simpati dan empatinya?" katanya.

Baca Juga: Anggota Satpol PP Surabaya Tersangka Pemerkosaan, Begini Prosesnya

3. Kepala Satpol PP memebarkan

Petinggi Satpol PP Surabaya Diduga Jual Barang Hasil PenertibanKepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto. dok. Diskominfo Surabaya.

Kabar tentang temuan ini dibenarkan oleh Kepala Satpol PP Surabaya, Eddy Christijanto. Ia juga mengaku sudah menindaklanjuti temuan tersebut. Namun, ia masih belum bisa memberikan informasi lebih lanjut karena pihaknya tengah mendalami kasus tersebut.

“Iya itu benar. Kami masih mendalami itu,” kata Eddy singkat.

Baca Juga: Risiko Jasa Penukaran Uang di Surabaya, Kejar-kejaran dengan Satpol PP

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya