Pemuda Muhammadiyah Laporkan Bupati Sidoarjo ke Polda Jatim, Ada Apa?

Gus Muhdlor mengeluarkan pernyataan soal radikalime

Surabaya, IDN Times – Pemuda Muhammadiyah Sidoarjo bersama Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IMM) Kamis (25/2/2022) siang, menggelar aksi damai di depan Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya. Selain berorasi dan menggeber spanduk, mereka juga melaporkan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) atas dugaan penyebaran berita bohong. Hal ini setelah Gus Muhdlor mengeluarkan statement soal bunker di salah satu Masjid Sedati Sidoarjo menjadi gudang senjata.

1. Gus Muhdlor dinilai menyakiti hati Pemuda Muhammadiyah

Pemuda Muhammadiyah Laporkan Bupati Sidoarjo ke Polda Jatim, Ada Apa?Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Dok pribadi

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sidoarjo, Adit Hananta Utama mengatakan bahwa pihaknya merasa sakit hati dengan ucapan Gus Muhdlor soal radikalisme. Menurutnya, Gus Muhdlor pernah menyatakan bahwa salah salah satu bunker masjid di Sedati Sidoarjo dituduh sebagai gudang senjata.

"Itu adalah suatu kebohongan yang luar biasa, karena setelah kita telusuri di Masjid-Masjid maupun setelah kita klarifikasi di Bakesbangpol Sidoarjo dan kajian dari data, itu tidak benar adanya," ujar Adit.

Baca Juga: Bom Bunuh Diri di Makassar, Gus Muhdlor Minta Warga Sidoarjo Tak Panik

2. Gus Muhdlor dinilai pernah menyatakan Masjid dan Kampus sebagai tempat radikalisme

Pemuda Muhammadiyah Laporkan Bupati Sidoarjo ke Polda Jatim, Ada Apa?Spanduk aksi damai Pemuda Muhammadiyah di depan Mapolda Jatim. dok. Istimewa.

Menurut Adit, pernyataan Gus Muhdlor berikutnya yang membuat Pemuda Muhammadiyah sakit hati adalah ada dua tempat yang menjadi perkembangan radikalisme yakni Masjid dan Kampus.

"Ini sungguh menjadi tuduhan yang luar biasa bagi kami umat Islam, karena masjid adalah simbol umat Islam tempat kita beribadah mestinya itu bisa dihormati. Kalaupun ada oknum yang memiliki paham radikalisme, harusnya dia yang ditindak bukan masjidnya yang disalahkan," terangnya.

3. Pemuda Muhammadiyah melawan radikalisme

Pemuda Muhammadiyah Laporkan Bupati Sidoarjo ke Polda Jatim, Ada Apa?Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sidoarjo, Adit Hananta Utama saat menuju SPKT Polda Jatim untuk melaporkan Gus Muhdlor. dok. Istimewa.

Adit menyatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah Sidoarjo tidak sepakat dengan paham radikalisme. Menurutnya, paham radikalisme harus dilawan.

"Kita sama-sama tidak sepakat dengan radikalisme dan kita sepakat bahwa NKRI adalah harga mati," tandasnya.

Baca Juga: Gus Muhdlor, Tokoh Muda NU yang Kini Menjabat Bupati Sidoarjo

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya