Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Jalan Menuju GBT

Harus selesai sebelum kualifikasi AFC U-20 dua pekan lagi

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya ngebut pembangunan jalan menuju stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menjelang pertandingan kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Pengerjaan jalan tersebut ditargetkan selesai sebelum pertandingan berlangsung pada 14 September 2022 mendatang. Salah satu fokus pengerjaan oleh Pemkot adalah Jalan Simpang Sebidang yang menjadi akses menuju GBT.

1. Pengerjaan jalan simpang Sebidang masih 54 persen

Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Jalan Menuju GBTJalan Simpang Sebidang, akses menuju GBT yag terus dikebut. Google Maps

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya, Adi Gunita mengatakan, progres pengerjaan Jalan Simpang Sebidang per tanggal 29 September 2022, masih mencapai 54 persen. Pihaknya memastikan pada tanggal 10 September 2022, akses itu sudah bisa dilalui.

"Nanti ada jeda waktu 4 hari yang mungkin kita bisa kroscek bersama tim. Supaya nanti kurang-kurangnya seperti misalnya aksesoris itu bisa dipenuhi dalam 1-2 hari," kata Adi Gunita, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/8/2022).
 
Adi menjelaskan, Jalan Simpang Sebidang ini dikerjakan oleh sejumlah pihak. Mereka antara lain PT Margabumi Matraraya sebagai pengelola jalan tol yang sudah menggarap proyeknya sekitar 54 persen. Kemudian PT Pelindo mencapai 60 persen, sedangkan dari PT Mitra Karya Multiguna sudah mencapai 48 persen.
 
"Tapi teman-teman, dari ketiga pihak ini mereka optimis tanggal 10 September 2022 sudah selesai semua. Sebelum AFC U-20 digelar sudah siap untuk fungsional dan bisa dilalui," paparnya.

2. Selain Jalan Simpang Sebidang, sejumlah pekerjaan terus dirampungkan

Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Jalan Menuju GBTStadion Gelora Bung Tomo sebelum direnovasi pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Tak hanya menyelesaikan Jalan Simpang Sebidang, pengerjaan sejumlah akses jalan utama menuju Stadion GBT juga dikebut. "Akses yang lainnya mungkin kami kemarin kita coba selesaikan akses penghubung lapangan A, B dan C. Lapangan A yang kita target penyelesaian itu," ujarnya.

Pekerjaan kualifikasi pavingisasi juga terus dirampungkan. Pekerjaan tersebut berada di sekitaran Stadion GBT. "Sekeliling GBT ada perbaikan, kita lakukan pavingisasi," ujarnya.

Baca Juga: Flyover Jalan Utama ke GBT Garapan Pelindo Rampung

3. Ada beberapa akses yang bisa ditempuh menuju GBT

Pemkot Surabaya Kebut Pembangunan Jalan Menuju GBTStadion Gelora Bung Tomo pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Meski Jalan Simpang Sebidang dan infrastruktur di GBT masih dalam pengerjaan, ia menuturkan bahwa secara umum sejumlah akses jalan menuju Stadion GBT sangat layak untuk dilewati. Ia menyebut ada beberapa akses seperti Jalan Jawar dan Jalan Tol Romokalisari. Selain itu, dapat pula melalui Jalan Kalianak lalu tembus ke flyover Teluk Lamong.

 "Tapi untuk keperluan event internasional kan ada durasi waktu yang harus dicapai peserta dari penginapan ke venue pertandingan," ungkap Adi. Adi mengatakan, akses jalan yang paling ideal adalah melewati Jalan Tol. Peserta bisa turun dari Simpang Susun Tol Romokalisari langsung menuju ke Stadion GBT.

"Itu untuk pesertanya yang realistis untuk kejar waktu. Tapi untuk penonton ada beberapa akses. Bisa nanti dilewatkan flyover Teluk Lamong milik PT Pelindo atau lewat Jalan Raya Jawar," terang dia.

Baca Juga: GBT Surabaya Jadi Venue Kualifikasi AFC U-20, Pemkot Kebut Perbaikan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya