Pemkot Bagi 32 Ribu STB untuk Masyarakat Surabaya Secara Gratis

Jumlah STB masih jauh dari angka warga miskin

Surabaya, IDN Times - Untuk mempercepat peralihan dari televisi (TV) analog ke digital, Pemerintah Kota Surabaya membagikan sebanyak 32 ribu Set Top Box (STB) kepada masyarakat. Sebanyak 32 ribu STB itu berasal dari sejumlah perusahaan stasiun televisi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, M Fikser mengatakan, Pemerintah hanya membantu proses pendistribusian.  STB tersebut berasal dari Transmedia Group sebanyak 10 ribu,  TV One 9.999 dan Emtek 12.151. 

"Yang Transmedia sudah dibagi habis, TV One sudah 7.012 yang didistribusikan dan Emtek saat ini masih proses distribusi," kata M Fikser, ditemui Selasa (15/11/2022). 

Ia menuturkan, 32 ribu STB ini, masih jauh dari data warga miskin di Surabaya. Angka waga miskin kini mencapai 180 ribu KK. "Kalau dilihat dari data warga MBR, ada sekitar 638 ribu jiwa dari 180 ribu KK," ungkap dia. 

Dia mengaku tidak mengetahui data penerima STB. Sebab, tugasnya hanya membantu pendistribusian dari perusahaan televisi ke masyarakat. "Data penerimanya ditentukan dari Pemerintah pusat," tutur Fikser. 

Selain membantu pendistribusian, pihaknya juga membantu sosialisasi penggunaan STB. Sebab, masih banyak warga yang belum mengerti cara penggunaan alat tersebut. 

"Jadi bukan bukan cuma membagikan (STB) tapi sosialisasi juga," pungkasnya. 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya