Nakes di Surabaya Siap-siap Vaksin Booster Kedua

Jenis vaksin booster disesuaikan dengan yang dosis pertama

Surabaya, IDN Times - Pemerintah tengah menyiapkan vaksinasi booster kedua atau vaksinasi dosis keempat bagi tenaga kesehatan (Nakes). Vaksin dosis keempat akan segera diberikan kepada Nakes di Surabaya dalam waktu dekat.

1. Kemenkes mulai berikan vaksin booster kedua untuk nakes

Nakes di Surabaya Siap-siap Vaksin Booster KeduaTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono saat di Surabaya mengatakan, vaksin booster kedua bagi nakes sudah mulai diterapkan. Pemberian dosis kedua ini mengingat selama bulan Juli terjadi peningkatan kasus COVID-19.

"Walaupun tidak secara relatif, lebih kecil dari kasus-kasus sebelumnya, tapi sejak 1 Juli sampai 31 Juli kira-kira kasus meningkat 3 kali lipat, jumlah pasien yang dirawat pun meningkat 2 kali lipat. Karena itu nakes sebagai garda terdepan yang melayani masyarakat harus disehatkan dulu," ujarnya, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Saat Pandemik Banyak Orang di Surabaya Pilih Nikah Siri, Kenapa?

2. Dinkes Surabaya siapkan vaksin booster kedua

Nakes di Surabaya Siap-siap Vaksin Booster KeduaIlustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, surat edaran dari Kemenkes tentang pemberian vaksin booster kedua telah sampai kepadanya. Namun, vaksin booster kedua untuk nakes di Surabaya masih belum diterapkan.

"Belum (mulai vaksin) segera akan kita ke sana (vaksinasi booster kedua), kalau sudah mulai nanti kita infokan. Diupayakan secepatnya," ujar Nanik.

3. Vaksin booster kedua disesuaikan dengan pertama

Nakes di Surabaya Siap-siap Vaksin Booster KeduaVaksinator menunjukkan vaksin Moderna untuk dosis ketiga atau booster di RSUD Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Nanik menuturkan, pemberian vaksin booster kedua yang diberikan akan disesuaikan dengan vaksin booster pertama. Jika vaksin booster awal adalah Moderna maka, booster kedua juga Moderna.

"Kita siapkan sesuai kebutuhan, kalau awal dia Moderna ya kita siapkan Moderna," tandasnya.

Baca Juga: Mobil Warga Surabaya Tersesat ke Sawah Arah Kuburan di Jombang

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya