Kaki Palsu Tak Menyurutkan Langkah Imam Safi'i Berhaji

Semoga sehat-sehat di Tanah Suci pak!

Surabaya, IDN Times - Berjalan dibantu kaki palsu tak menyurutkan langkah Imam Safi'i (58) menunaikan rukun Islam ke lima, ibadah haji.

Pria asal Bojonegoro ini terlihat tegar dan tidak menampakan kekhawatiran dalam dirinya. Ia menyakini akan mampu menjalankan ibadah haji dengan kondisinya sekarang.

Imam terlahir dengan kondisi yang sempurna, ia memiliki dua kaki. Pada 2021 lalu, ia menghadapi musibah, kakinya harus diamputasi karena penyakit yang diderita.  

Imam bercerita, ia telah mendaftar haji pada 2011 lalu. Seharusnya ia berangkat haji pada tahun 2021. Namun karena kondisi pandemik COVID-19, keberangkatannya tertunda. 

"Di tahun yang sama, saya menjalani operasi untuk amputasi kaki sebelah kiri karena sakit yang saya derita sejak 2019. Sehingga pada tahun itu saya dapat menjalankan pengobatan dan perawatan kesehatannya," ungkap dia. 

Ia pun bersyukur, tahun ini ia akhirnya berangkat haji. Walaupun dengan kondisi menggunakan kaki palsu dan dibantu menggunakan tongkat kruk. 

"Saya tergabung dalam kloter 22," ujar Imam. 

Imam sendiri tak memiliki istri dan anak. Walau begitu, ia sama sekali tak khawatir saat di Tanah Suci nanti. 

"Saya yakin akan dimudahkan dalam menjalankan ibadah. Tapi saya tidak menolak jika nantinya perlu menggunakan kursi roda dalam menjalankan ibadah haji," pungkas dia.

Baca Juga: Agus Yusuf, Difabel Asal Jatim Berangkat Haji dari Melukis

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya