Kakak Beradik Penderita Hidrosefalus Dapat Pengobatan Gratis

Sharga menderita hidrosefalus sejak dalam kandungan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya memberikan pengobatan gratis kepada kakak adik penderita hidrosefalus, Sharga Raditya Nugraha dan Tanaka Al Faruq. Sharga diduga terpapar bahan kimia di tempat kerja sang ibu, Febri Hertistya ketika ia masih di dalam masa kandungan. Sementara Tanaka diketahui dokter menderita hidrosefalus ketika berusia lima bulan.

1. Eri sambangi kedua anak tersebut

Kakak Beradik Penderita Hidrosefalus Dapat Pengobatan GratisWali Kota Eri Cahyadi saat menghadiri Gebyar Lomba Bersama Wujudkan ‘Surabaya Emas’ (Eliminasi Masalah Stunting) di halaman Taman Surya, Sabtu (5/3/2022). (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Kedua anak ini pun dijenguk langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di rumahnya yang berada di Jalan Tembok Sayuran 2/19 RT 002/ RW 005, Kelurahan Tembok Dukuh, Kecamatan Bubutan, Kamis(10/3/2022). Meski sudah dilakukan penanganan medis, Eri ingin nanti anak-anak tersebut diperiksa panca inderanya.

"Adik kecil tadi berat badannya masih kurang, tadi saya bilang ke orang tuanya, agar opname saja di RS untuk rawat inap agar berat badannya mencukupi. Kalau sudah baik berat badannya, baru rawat jalan sambil dipasang alatnya sampai adik ini cukup umur," ujar Eri.

Baca Juga: Mengenal Hidrosefalus, Berisiko Menyebabkan Kerusakan Otak Permanen

2. Eri minta semua kader melapor jika ada warga perlu bantuan

Kakak Beradik Penderita Hidrosefalus Dapat Pengobatan GratisWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat menjenguk kakak beradik yang menderita hidrosefalus, Kamis (10/3/2022). (dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Eri pun meminta semua warga tak perlu malu atau sungkan ketika mengetahui tetangga, saudara, dan orang di sekitarnya yang mengalami hal serupa. Eri yakin, kemampuan dari para kader, jajaran lurah dan camat dapat mempererat kekeluargaan serta kegotoroyongan.

"Ini semua berkat kerja keras kader hebatnya Kota Surabaya, maka dari itu kegotongroyongan dan kekeluargaan harus kita tingkatkan lagi," tuturnya.

Tidak hanya memberikan pendampingan kesehatan, Pemkot Surabaya melalui Dinas Sosial (Dinsos) juga memberi bantuan susu, popok, biskuit, sembako, hingga transportasi ambulans untuk antar jemput ke RS. Bahkan, orangtua Sharga dan Tanaka juga diberi pekerjaan.

3. Ayah kedua anak tersebut menyampaikan terima kasih

Kakak Beradik Penderita Hidrosefalus Dapat Pengobatan Gratisilustrasi hidrosefalus pada bayi (hydrocephaluslife.info)

Usai menerima bantuan dari Pemkot Surabaya, ayah Sharga dan Tanaka, Tri Tanjung Bhinanto menyampaikan terima kasihnya kepada Cahyadi. Ia berharap setelah dilakukan perawatan, kedua anaknya bisa sembuh. "Terima kasih Pak Eri, sudah memberi bantuan kepada kami. Semoga dengan bantuan ini anak-anak kami lekas pulih," kata Tanjung. Sebelumnya Sharga juga sudah mendapat bantuan untuk kontrol di poli saraf RS Dr. Soetomo sampai usia satu tahun oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Baca Juga: Kemensos Gandeng Kitabisa Kucurkan Rp92 Juta untuk Bocah Hidrosefalus 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya