Comscore Tracker

Jalur Motor Suramadu Ditutup Setahun Bertahap, Dimulai Hari Ini

Tetep ati-ati yo rek !

Surabaya, IDN Times - Arus lalu lintas di Jembatan Suramadu mulai direkayasa, Selasa (19/7/2022). Kendaraan roda 2 dari arah Surabaya menuju Madura dialihkan ke jalur roda 4. Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Eko Adi Wibowo mengatakan, rekayasa lalu lintas itu mulai dilakukan pagi tadi. Rekayasa akan dilakukan selama 6 bulan ke depan.

"6 bulan pertama di jalur arah Surabaya menuju Madura, 6 bulan berikutnya jalur Madura ke arah Surabaya," ujar Eko kepada IDN Times, Selasa (17/7/2022).

1. Roda 2 bisa lewat jalur roda 4

Jalur Motor Suramadu Ditutup Setahun Bertahap, Dimulai Hari IniPolisi saat melakukan rekayasa lalu lintas di jalan di Jembatan Suramadu, Senin (19/7/2022). (Dok. Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya)

Dalam rekayasa lalu lintas tersebut, pihaknya membagi jalur roda 4 manjadi 3 jalur. Satu jalur digunakan untuk roda dua. "Kita bagi menjadi 3 jalur. Jalur darurat yang biasa untuk roda 4 kita gunakan untuk roda 2. 2 jalur untuk roda 4," ungkap Eko.

Jalur tersebut dipisah menggunakan 200 water barrier dan 200 traffic cone yang sudah diberi pemberat. Sehingga tidak akan tertiup angin. "Pemisah kita kasih tali yang ada lampunya."

Baca Juga: Driver Ojek Online Diduga Ceburkan Diri ke Jembatan Suramadu

2. Polisi terjunkan 35 orang personel

Jalur Motor Suramadu Ditutup Setahun Bertahap, Dimulai Hari IniPolisi saat melakukan rekayasa lalu lintas di jalan di Jembatan Suramadu, Senin (19/7/2022). (Dok. Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya)

Dalam rekayasa lalu lintas itu, pihaknya menerjukan 35 orang personel. Rinciannya, 20 personel dari Satlantas Polres Perak, 10 Personel dari polsek Kenjeran dan 5 orang dari Sabhara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jembatan Suramadu jalur roda 2 dilakukan penutupan selama satu tahuh. Yakni mulai 14 Juli 2022 hingga Juli 2023.

3. Rekayasa lalu lintas dilakukan karena ada pemasangan kabel oleh PLN

Jalur Motor Suramadu Ditutup Setahun Bertahap, Dimulai Hari IniANTARA FOTO/Zabur Karuru

Diberitakan sebelumnya, jalur motor di jembatan Suramadu ditutup selama setahun secara bergantian. Penutupan pertama dilakukan pada jalur motor dari arah Surabaya menuju Madura selama enam bulan mendatang. Setelah itu, penutupan ruas motor akan dilakukan untuk jalur Madura ke arah Surabaya.

Penutupan jembatan Suramadu berkaitan dengan pengerjaan pemasangan saluran kabel tegangan tinggi untuk pasokan listrik oleh PT PLN ke Pulau Madura yang dimulai pada 14 Juli hingga 2023 mendatang. 

Baca Juga: Jembatan Suramadu Ditutup Setahun, Roda Dua Bisa Lewat Lajur Mobil

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya