Indonesia Sulit Transisi ke Endemik Jika Lebaran Tak Hati-hati

Prokesnya rek !

Surabaya, IDN Times - Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair), Windhu Purnomosi menyebut COVID-19 di Indonesia akan sulit menuju fase endemik jika tidak berhati-hati saat Lebaran nanti. "Jika kita berhasil melewati masa Lebaran tanpa lonjakan. Nah saya rasa kita sudah mulai memasuki fase endemik," ujar Windhu kepada IDN Times, Selasa (19/4/2022). 

1. Indonesia berusa menuju fase endemik

Indonesia Sulit Transisi ke Endemik Jika Lebaran Tak Hati-hatiDr. Windhu Purnomo, dr. (IDN Times/Uni Lubis)

Menurut dia, Indonesia kini sedang berusaha bertansisi menuju fase endemik. Kasus COVID-19 mulai menurun dan fasilitas kesehatan juga sudah mulai tidak terbebani dengan kasus COVID-19. "Indonesia, kalau transisi sudah bisa mulai lah, terutama kita lihat setelah Lebaran," tuturnya.

Kasus COVID-19 akan meningkat jika nanti saat Lebaran masyarakat melupakan protokol kesehatan. Serta juga tidak mengikuti anjuran pemerintah untuk vaksin booster bagi yang ingin mudik Lebaran.

"Kalau pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengawasi itu, dan kita berhasil melewati masa Lebaran dan tanpa ada lonjakan, saya kita kita sudah mulai memasuki fase endemik," kata Windhu 

2. Fase endemik jika kasus terus menurun selama 3 bulan

Indonesia Sulit Transisi ke Endemik Jika Lebaran Tak Hati-hatiPakar Epidemiologi Universitas Airlangga, Dr Windhu Purnomo. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Windhu menuturkan, untuk memasuki fase endemik, kasus COVID-19 harus terus menurun dan stabil selama 3 bulan berturut-turut. Syarat lain adalah COVID-19 tidak membebani fasilitas kesehatan.

"Namun harus kita lihat juga, ini berlangsung seperti apa, lama atau tidak,  kalau fluktuatif ya tidak bisa, jadi harus diawasi. Kalau sudah 3 bulan berturut-tutur tidak ada lonjakan berarti kita saatnya masuk itu, tapi ini setelah Lebaran," ungkapnya.

Baca Juga: Rencana Status Endemik, Epidemiolog: Dipaksakan Jadi Politikdemik

3. Vaksinasi harus tinggi

Indonesia Sulit Transisi ke Endemik Jika Lebaran Tak Hati-hatiIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Herka Yanis).

Untuk mencapai fase endemik, angka vaksinasi juga harus tinggi. Saat ini, vaksinasi di Idonesia sudah cukup tinggi, vaksinasi dosis kedua sudah melebihih target.

"Ini tanda-tanda nya sudah ada, kita menuju kesana, vaksinasi dosis duanya sudah hampir 78 persen. Cuma dosis 3 nya masih 12,59 persen, jadi kita harus kejar terutama Lansia," sebutnya.

Whindu pun optimis Indonesia bisa segera masuk fase endemik. Langkah-langkah menuju ke sana pun menurut dia sudah baik. "Arahnya sudah bagus, tapi PR nya juga besar, memang kita bagus dibanding negara lain, tapi harus tetap hati-hati, sekali-lagi vaksinasi belum lengkap," pungkas dia.

Baca Juga: Wapres: Libur Lebaran Penentu Indonesia Masuki Masa Endemik COVID-19

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya