Gunung Raung Naik Level Jadi Waspada

Tetap tenang dan waspada

Bondowoso, IDN Times - Aktivitas erupsi Gunung Raung meningkat menjadi Level II atau Waspada, Jumat (29/7/2022) pukul 8 pagi tadi. Peningkatan status ini setelah pada Rabu (27/7/2022) kemarin statusnya turun dari Level II ke Level I atau normal.

"Berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, serta belum
stabilnya kondisi kawah Gunung Raung maka terhitung 29 Juli 2022, pukul 08:00 WIB, tingkat aktivitas G. Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada)," ujar Kepala Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Eko Budi Lelono melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Aktivitas Gunung Raung terus dipantau

Gunung Raung Naik Level Jadi WaspadaGunung Raung erupsi di tahun 2015 (commons.wikimedia.org)

Eko menuturkan berdasarkan pemantuan secara intensif yang dilakukan, status kegiatan Gunung Raung akan dinaikan dan diturunkan jika terjadi peningkatan atau penurunan aktivitas.

"Pemantauan terus dilakukan untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Raung dan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah," ujarnya.

Baca Juga: Gunung Raung Erupsi, PVMBG Meminta Warga Menjauh

2. Larangan mendekat radius 3 Km

Gunung Raung Naik Level Jadi Waspadajalur pendakian Gunung Raung (commons.wikimedia.org)

Untuk itu, pihaknya merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 Km. Masyarakat di sekitar Gunung Raung diharap tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Raung, dan agar senantiasi mengikuti arahan dari BPBD Propinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember.

"Pemerintah Daerah dan BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember agar senantiasa
berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau Pos Pengamatan Gunungapi Raung," sebutnya.

Masyarakat maupun pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi gunung Raung melalui aplikasi/website MAGMA INDONESIA (Playstore/magma.esdm.go.id).

3. Gunung Raung erupsi sejak Rabu

Gunung Raung Naik Level Jadi WaspadaGunung Raung. Instagram.com/raungcamp

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Raung dilaporkan mengalami erupsi sejak Rabu (27/7/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) pun ikut melakukan pemantauan terhadap peningkatan aktivitas gunung yang meliputi tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Berdasarkan pantauan BPBD Jatim dari Bondowoso, gunung dengan ketinggian 3.332 meter ini telah mengalami empat kali erupsi pada pukul 17.19 - 17.28 WIB, Rabu (27/7/2022). Ketika erupsi, Gunung Raung memuntahkan abu dengan ketinggian kolom 1.500 meter di atas puncaknya.

"Terjadi hujan abu mengarah ke barat laut lereng Gunung Raung," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono kepada IDN Times, Kamis (28/7/2022).

Meski demikian, status gunung Raung pada Rabu malam, masih aman atau berada di Level II. Hingga pada pagi tadi, KESDM meningkatkan status gunung Raung dari Level 1 menjadi Level II.

Baca Juga: Pascaerupsi Raung, BPBD Siapkan Jalur Evakuasi untuk Antisipasi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya