Giliran Sumenep yang Tolak Ceramah Hanan Attaki

Pernah ditolak di Gresik, Jember, Situbondo dan Sidoarjo

Sumenep, IDN Times - Ustaz Hanan Attaki mendapat penolakan untuk ceramah di Sumenep. Penolakan tersebut datang dari Forkopimda Sumenep. Alasannya, penceramah muda ini dituding terlibat dalam organisasi terlarang, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Ustaz Hanan Attaki sendiri dijadwalkan akan menggelar ceramah bertajuk tabliq akbar konser langit di Kabupaten Sumenep pada pada 31 Juli 2022.

1. Ormas agama tolak ceramah Ustaz Hanan Attaki

Giliran Sumenep yang Tolak Ceramah Hanan Attakiinstagram.com/hanan_attaki

Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti dalam keterangan tertulisnya menjelaskan penolakan tersebut setelah anggota Forkopimda Sumenep dan sejumlah tokoh masyarakat melalukan pertemuan di Aula Sutanto Polres Sumenep pada, Rabu (27/7/2022) siang tadi.

Bahkan, sejumlah organisasi agama seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumenep, Nahdlatul Ulama (NU) Sumenep, Muhamadiyah Sumenep hingga perwakilan LDII Kabupaten Sumenep pun hadir dalam rapat kordinasi tersebut. Mereka memutuskan untuk menolak ceramah Hanan Attaki.

Baca Juga: Lembut Berkharisma, Ini 10 Hal Menarik dari Ustaz Hanan Attaki

2. Polres Sumenep tidak mengeluarkan izin

Giliran Sumenep yang Tolak Ceramah Hanan AttakiHanan Attaki (Instagram.com/hanan_attaki)

Widiarti menuturkan, berdasarkan pertimbangan, usulan, saran dan masukan dari Forpimda beserta tokoh agama setempat, didapatkan kesimpulan bahwa Polres Sumenep tidak mengeluarkan surat ijin keramaian terkait kegiatan konser langit bersama ustad Hanan Attaki.

"Polres Sumenep meminta kepada pihak panitia untuk membatalkan kegiatan konser langit bersama Ustaz Hanan Attaki.,Lc tersebut demi menjaga harkamtibmas di Kabupaten Sumenep," ujarnya.

3. Ceramah Ustaz Hanan Attaki juga ditolak di wilayah lain

Giliran Sumenep yang Tolak Ceramah Hanan Attakiinstagram.com/hanan_attaki

Selain mendapat penolakan untuk melakukan ceramah di Kabupaten Sumenep, Ustaz Hanan Attaki juga sebelumnya ditolak untuk melakukan ceramah di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Penolakan terbaru terjadi di Gresik bulan lalu. Saat itu, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik menolak kedatangan Hanan ke Masjid Agung Maulana. Alasannya sama, yaitu statusnya sebagai mantan anggota HTI. Belakangan kabar tersebut dibantah langsung oleh Hanan. Ia menyangkal menjadi anggota HTI. Akhirnya, Hanan pun tetap berceramah namun berpindah masjid. Kota lain yang juga sempat memboikot Hanan adaalah Jember, Situbondo dan Sidoarjo.

Baca Juga: Dikagumi Anak Muda, Intip 10 Potret Ustaz Hanan Attaki yang Inspiratif

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya