Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Ortu Wajib Tahu!

Perhatikan status dehidrasi pada anak

Surabaya, IDN Times - Sudah ada 12 anak di Jawa Timur yang meninggal karena Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA). Orangtua perlu mewaspadai dan mengetahui gejala pada penyakit tersebut.

1. Terjadi pada anak, mayoritas balita

Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Ortu Wajib Tahu!Nenek Abizar, Anisyah (58) saat menunjukkan foto abizar terbaring di Rumah Sakit, Jumat (21/10/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Ketua Divisi Nefrologi Anak RSUD Dr Soetomo, dr Risky Vitria Praseyta menjelaskan, kasus suspek GGAPA terjadi pada anak usia 0 sampai 18 tahun. Namun mayoritas terjadi pada balita dengan usia 1 sampai 5 tahun.

"Kalau sudah berat akan terjadi penurunan produksi urine," ujar dia saat konferensi pers di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur, Jumat (21/10/2022). 

Kasus suspek probabel ditambah dengan tidak adanya riwayat ganguan ginjal sebelumnya. Selain itu juga disertai atau tidak disertai dengan gejala prodromal seperti diare, muntah hingga batuk pilek.

"Jadi satu sampai dua hari kemudian terjadi perburukan," jelas dia.

Saat dilakukan uji laboratorium, akan didapatkan fungsi ginjal memburuk. Namun, ketika di USG bentuk ginjal tetap normal tidak ada perubahan.

Baca Juga: Dinkes Jatim: 23 Anak Gangguan Ginjal Akut, 12 Meninggal

2. Orangtua harus pantau status dehidrasi pada anak

Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Ortu Wajib Tahu!minum air biar tidak dehidrasi (sonashomehalth.com)

Sehingga, penting sekali untuk orangtua mengetahui gejala-gejala infeksi ringan seperti demam, diare hingga batuk pilek. Orangtua harus terus memantau status dehidrasi pada anak.

"Minumnya sudah cukup atau tidak. Pipisnya sepeti biasa atau tidak, kalau tidak seperti biasa segera diperiksakan," terang dia.

3. Jika anak demam, lebih baik dikompres

Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak, Ortu Wajib Tahu!alodokter

Jika mendapati anak demam, maka orangtua diminta untuk tidak memberikan obat sirop kepada anak. Anak harus dikompres terlebih dahulu di beberapa bagian tubuhnya.

"Kompres dulu, cek suhu dan segera diperiksa. Rumah sakit di Jawa Timur yang jadi rujukan di RSSA dan RSUD Dr Soetomo," pungkasnya.

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut di Jatim, Faskes Stop Resepkan Obat Sirop

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya