Comscore Tracker

Eri Beri Waktu Sepekan RSUD dr Soewandhie Perbaiki Layanan

Kalau pelayanan masih buruk, Dirut akan dicopot

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat inspeksi mendadak (sidak) ke RSUD dr Soewandhi, Senin (28/11/2022) mendapati pelayanan sangat lamban. Ia pun memberi waktu sepekan agar manajemen melakukan perbaikan.

1. Pelayanan lamban karena manajemen kurang baik

Eri Beri Waktu Sepekan RSUD dr Soewandhie Perbaiki LayananEri saat sidak di RSUD dr Soewandhie, Senin (28/11/2022). ( Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Eri mengatakan,  pelayanan di RS yang lamban itu karena manajemen rumah sakit kurang baik. Seperti, berkas rekam medis untuk pasien ternyata tidak rapi, sehingga menyebabkan petugas membutuhkan waktu untuk mencari berkas tersebut. Agar pelayanan bisa lebih cepat, ia meminta  berkas rekam medis pasien bisa disiapkan. 

“Jadi, saya minta sebelum poli-poli ini buka, berkas rekam medisnya sudah harus ada di meja poli. Itu bagi yang sudah daftar online. Bagi yang baru daftar bisa dipisahkan dan langsung disiapkan juga dengan terpisah,” tegasnya.

Selain itu, agar pelayanan bisa lebih cepat dirinya meminta agar RSUD dr Soewandhi menata jadwal dokter jaga di setiap poli. Kebutuhan dokter juga harus disesuaikan dengan banyaknya pasien.

"Misal poli ini butuh 4 dokter, jadi 4 dokter itu tidak boleh kemana-mana sampai semua pasiennya terlayani semua,” katanya.

Baca Juga: Wali Kota Eri Marah Layanan di RS Lelet, Pegawai Digelandang

2. Eri dan RSUD dr Soewandhi akan lakukan kontrak kerja

Eri Beri Waktu Sepekan RSUD dr Soewandhie Perbaiki LayananEri saat sidak di RSUD dr Soewandhie, Senin (28/11/2022). ( Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Perbaikan pelayanan ini, akan dimasukkan dalam kontrak kinerja antara RSUD dr Soewandhi dengan Wali Kota Surabaya. Ia menarget sebelum tanda tangan kontra kerja dilakukan, semua pelayanan harus sudah diperbaiki. 

"Kalau sudah tidak mampu menyelesaikan itu ya sudah, bisa mengundurkan diri,” tegasnya.

3. RSUD dr Soewandhie akui kesalahan dan komitmen lakukan perbaikan

Eri Beri Waktu Sepekan RSUD dr Soewandhie Perbaiki LayananEri saat sidak di RSUD dr Soewandhie, Senin (28/11/2022). ( Dok. Diskominfo Kota Surabaya).

Sementara, Direktur Utama RSUD Dr. Soewandhi dr. Billy Daniel Messakh mengatakan, pihaknya mengakui bahwa pelayanan di RS tersebut memang lambat. Sebab, berkas rekam madis pada rumah sakit tersebut masih manual dan belum menggunakan teknologi. 

"Memang kelemahan kita itu di ERM (Elektronik Rekam Medis), mestinya sudah E (elektronik) tapi kita belum sampai ke situ," kata Billy. 

Ia pun berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan agar tidak lamban dan pasien yang datang bisa lebih nyaman. Jika ia tak mampir memperbaiki, ia pasrah bila memang harus diganti. 

"Bahwa saya akan membuat mereka lebih senang, iya, tidak antre terlalu lama. Itu saja komitmen saya. Lebih dari itu kalau saya ndak mampu ya memang mesti ganti ya ganti," kata dia. 

Baca Juga: Jelang Ditutup, Pendaftar PPK Surabaya Capai 1.301 Orang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya