Emil hingga Bupati Sumenep Jadi Tokoh Muda Paling Dipilih Pilgub Jatim

Pilihanmu sopo ?

Surabaya, IDN Times - Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terbaru menyebut ada tiga pemimpin muda di Jawa Timur mendapat respons positif dalam Pilkada Jatim 2024.  Direktur ARCI, Baihaki Sirajt mengatakan, tiga tokoh tersebut adalah Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. 

1. Emil masih yang pertama

Emil hingga Bupati Sumenep Jadi Tokoh Muda Paling Dipilih Pilgub JatimWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

 Emil Elestianto Dardak menduduki posisi pertama. Ia dipilih oleh 21,6 persen responden. Pada posisi kedua, ada nama Walikota Surabaya Eri Cahyadi dipilih 8,9 responden dan bupati Sumenep Achmad Fauzi ada di posisi ketiga, dipilih 8,6 persen responden.

"Jadi ketika responden disodori pertanyaan tentang nama-nama Cagub dan Cawagub ada nama Emil Dardak, Eri Cahyadi dan Fauzi. Mereka sangat diminati karena bisa menarik masyarakat dan populer," katanya

2. Eri dapat hati karena mirip Tri Rismaharini

Emil hingga Bupati Sumenep Jadi Tokoh Muda Paling Dipilih Pilgub JatimCalon Wali Kota Surabaya nomor urut 01 Eri Cahyadi menunjukkan surat suara sebelum mencoblos di TPS 25, Ketintang Selatan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020). Pilkada Kota Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon yaitu Eri Cahyadi dan Armuji dengan nomor urut 01 serta pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman dengan nomor urut 02 (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Dia mengatakan, Eri Cahyadi mendapat hati di masyarakat karena mewarisi gaya walikota Surabaya sebelumnya. Eri cukup tegas dan cenderung agak keras, dalam memimpin Surabaya. 

"Mirip dengan Tri Rismaharini, yang disukai masyarakat perkotaan," ungkap dia.

Baca Juga: Survei Pilgub Jatim, Khofifah Dibuntuti Risma dan Eri

3. Fauzi dicintai karena kalem dan adem

Emil hingga Bupati Sumenep Jadi Tokoh Muda Paling Dipilih Pilgub JatimBupati Sumenep, Achmad Fauzi.Instagram.com/achmadfauziwy

Sementara itu, Fauzi cenderung populer karena dikenal sebagai sosok pemimpin yang kalem dan santun. Sesuai dengan adat ketimuran, sehingga disukai masyarakat di pedesaan.

"Kalau gaya kepemimpinan Fauzi lebih cool," tambahnya.

Meski demikian, keduanya dianggap mampu memimpin wilayahnya masing-masing. Eri berhasil membawa Surabaya lebih maju dan Fauzi bisa menekan angka kemiskinan dan membawa masyarakat Sumenep lebih sejahtera.

"Kalau Fauzi memang kinerjanya cukup cemerlang, bisa memecahkan problematika dan memajukan Sumenep," tambahnya.

Seperti diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 9 Februari 2023-17 Februari 2023. Jumlah sampel yang dipilih mencapai 1200 orang, dengan menggunakan metode multistage random samping. Dalam survei itu, margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Baca Juga: Namanya Masuk Survei Pilgub Jatim, Ini Kata Eri Cahyadi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya