Dua Sekolah Ricuh di Piala Wali Kota, Siap-siap Disanksi Perbasi

Suporter SMAN 9 tak boleh datang

Surabaya, IDN Times - Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) sedang mempertimbangkan sanksi yang akan diberikan kepada dua sekolah yakni SMAN 5 dan SMAN 9 yang terlibat kericuhan dalam kompetisi basket Piala Wali Kota Surabaya pada Senin (20/2/2023).  Perbasi telah berkoordinasi dengan dua sekolah tersebut. Sanksi sementara, yakni suporter SMAN 9 tak boleh datang di kompetisi selanjutnya.

Ketua Umum Perbasi Jarim, Grace Evi Ekawati memgatakan, belum dapat memberi saksi keduanya karena tidak berada di lokasi saat kericuhan itu terjadi. Sehingga, ia masih harus mendengar dari berbagai pihak.

"Besok kita berkomunikasi dengan SMA 5 dan SMA 9 kita akan kembalikan pada kejadian yang menjdi pemicu dan kembali ke ADART Perbasi," ujar Grace, Rabu (22/2/2023). 

Yang jelas, pihaknya akan berlaku adil kepada kedua sekolah tersebut. "Apa sanksi yg hrus kita brika untuk pelajaran pada yang lain," ungkap dia.

Grace menambahkan, kesalahpahaman antar pemain basket sebenarnya hal yang biasa. Namun, persoalan ini menjadi besar, karena salah satu dari pemain melakukan visum.

"Sebetulnya itu maslah game yang hrus diselesaikan di game. Tapi biasa kalau sudwlsh keluar dan ada pihak lain yang merasa orang tua atau siapa saya gak tau visum lah apa jadi panjang" pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kericuhan mewarnai turnamen Basket Piala Wali Kota Antar SMA di Kota Surabaya, Selasa (21/2/2023). Diketahui kericuhan itu terjadi pada Senin (20/2/2023) sesaat setalah Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi pergi meninggalkan GOR usai membuka pertandingan.

Dalam video tersebut terlihat dua pemain basket dari dua sekolah berbeda, yakni anatara jersey putih dan jersey kuning saling adu mulut di tengah lapangan. Wasit dan official sempat melerai, tapi dua tim tersebut tetap beradu mulut. Kericuhan pun semakin menjadi saat suporter dari sekolah tersebut  ikut turun ke lapangan. Mereka semakin bertambah banyak. Tak lama, petugas dan sejumlah pihak memukul mundur suporter. Kericuhan pun berhasil diredam.

Baca Juga: Kompetisi Basket Piala Wali Kota Antar SMA di Surabaya Ricuh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya