Cerita Petugas Kebersihan Selamatkan Penumpang Perahu Tenggelam

Kusnan selamatkan 3 orang penumpang

Surabaya, IDN Times - Kusnan (61) tak menyangka pagi ini, Sabtu (25/2/2023) menjadi pagi yang tak pernah ia lupakan. Sebab, ia melihat sendiri belasan orang panik menyelamatkan diri dari perahu tambang yang tenggelam. 

Saat itu, Kusnan berada di pinggir Sungai Berantas sedang bertugas membersihkan sampah. Namun, tiba-tiba ada suara teriakan dari perahu tambang. "Saya waktu itu saya pakai celana, celana langsung saya lepas, langsung saya lari," ujar Kusnan. 

Kusnan pun langsung menyematkan penumpang perahu tersebut. Ia masuk ke dalam air menuju ke korban. "Saya slulup, dangkal saja (sungainya)," tutur Kusnan. 

Dari sekitar 13 orang penumpang, ia berhasil menyelamatkan 3 orang. Dua perempuan dan satu laki-laki.  "Sebenarnya ada empat yang saya selamatkan, tapi satu orang perempuan gak selamat kebawa arus," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Surabaya, Buyung Hidayat mengatakan, tenggelamnya perahu ini karena kebocoran perahu tambang. Setidaknya ada 13 orang dalam perahu tersebut. “Jadi ada 8 yang sudah selamat ditepikan, ada 2 dibawa ke rumah sakit, 1 hilang, 2 petugas selamat, jadi total 13. Kendaraan lebih dari lima,” kata Buyung di lokasi. 

Diberitakan sebelumnya, perahu tambang untuk penyeberangan motor di Karang Pilang Surabaya tenggelam, Sabtu (25/3/2023) pagi. Perahu itu membawa 13 orang dan satu orang masih dalam pencarian. Salah satu warga selamat, Didik Ahmadi warga Malang mengatakan, perahu tersebut tenggelam saat menyeberangi sungai Brantas dari sisi Mastrip, Kemlaten, Kebraon, Surabaya ke Jambangan. Namun, tak sampai tengah, perahu sudah tenggelam. 

Baca Juga: Perahu Tambang di Karang Pilang Surabaya Tenggelam, 1 Orang Hilang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya