Calon Maba Siap-siap, ITS Tambah Kuota Mahasiswa dan Prodi Baru 

Beasiswa juga ditambah guys

Surabaya, IDN Times - Calon mahasiswa baru harus bersiap-siap. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menambah kuota mahasiswa dan Program Studi (Prodi). Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng., IPU, A.Eng mengatakan, Kuota Mahasiswa baru tahun ajaran 2023 ini bakal ditambah 400. Kuota itu dibagi sesuai dengan persentase masing-masing jalur.  

"Tahun ini kuotanya 6205, tahun lalu 5.800, rinciannya SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) 20 persen atau 1.331 kuota, SNBT  (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) 30 persen atau 1.934 kuota, dan 50 persen mandiri atau 2.940 kuota," ujar Ashari ditemui di Kantin Pusat ITS, Senin (30/1/2023). 

Ashari menyebut, selain menambah kuota mahasiswa baru, pihaknya juga menambah Prodi baru. Tiga Prodi baru itu tersebar di sejumlah Fakultas. 

"Ada Teknik Telekomunikasi ini bagian dari Teknik Elektro, kedua ada Prodi Teknologi Kedokteran ini dari teknik Biomedik. Kemudian Sains Analitik, ini pecahan dari Teknik Kimia," ungkap dia. 

Ashari juga menuturkan, pihaknya  menambah anggaran beasiswa  mahasiswa. ITS mengganggarkan Rp70 miliar untuk beasiswa mahasiswa berprestasi. 

"Di ITS kami menggelontorkan Rp 70 M beasiswa. Sekolah di ITS positif ndak bayar. Di jalur mandiri ada seleksi prestasi. Di jalur mandiri kita akan memberi anak berprestasi beasiswa ga perlu bayar sumbangan, cukup bayar UKT saja," tandas dia. 

Baca Juga: ITS Berencana Membuka Prodi Pendidikan Dokter 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya