Belum Sebulan Diresmikan, Aksi Jambret Terjadi di Kawasan Kota Lama

Waduh nemen iki

Surabaya, IDN Times - Kawasan Kota Lama Surabaya baru diresmikan pada Rabu (3/7/2024) lalu. Namun, aksi kejahatan jambret sudah terjadi di kawasan tersebut, tepatnya di zona Pecinan Kya-kya. 

Diketahui, aksi jambret tersebut dialami oleh seorang wisatawan asal Malang yang sedang berwisata di Kya-kya pada Senin (8/7/2024). Korban dijambret ketika sedang naik becak wisata. Aksi penjambretan tersebut berhasil membawa kabur HP milik korban. Atas hal ini, korban diketahui telah melapor ke polisi. 

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Muhammad Prasetyo membenarkan kejadian jambret tersebut. Aksi penjambretan ini terjadi pada malam hari di Kya-kya. "Bukan di kota lama (Kawasan Zona Eropa), tapi di Kya-kya, itu kejadiannya malam hari" ujar Prasetyo kepada IDN Times, Rabu (10/7/2024). 

Prasetyo menyebut, sejauh ini baru satu orang yang melaporkan aksi penjambretan di Kawasan Kota Lama. Laporan tersebut telah ditindak lanjuti. "Hanya satu (laporan aksi penjambretan), dan sudah kami tindak lanjuti," kata Prasetyo. 

Satpol PP Surabaya sendiri sebelumnya menyatakan akan melakukan penjagaan selama 24 jam di Kawasan Kota Lama Surabaya. Hal ini untuk mencegah terjadi aksi kejahatan seperti pencurian sarana prasarana hingga aksi vandalisme. 

"Selain jaga sarpras 24 jam Kota Lama, ada dua pos 24 jam anggota stand by, sepeda untuk keliling, CCTV 24 jam mengawasi. Karena pengalaman sebelumnya kami evaluasi," pungkas dia.

Satpol PP Surabaya juga telah menangkap pelaku pencurian sarana prasana seperti kabel, plat besi pedestarian hingga kursi di trotoar. Pelaku diduga tiga orang, namun dua lainnya kabur, sehingga hanya satu orang yang berhasil ditangkap dan telah diserahkan ke polisi. Pelaku ditangkap ketika hendak memotong kabel. 

"Kami sudah tangkap yang berniat melakukan pencurian, terus kita serahkan ke Polsek Bubutan, (yang menangkap) Anggota Satpol PP berpakaian preman, dia coba mau ambil kabel di bawah, kami tangkap, kami bekerja sama dengan warga. Satu tertangkap, laki-laki," ujar Fikser.

Baca Juga: Kesal Tidak Diajak Kerja Lagi, Pria di Surabaya Bacok Temannya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya