Adipura Surabaya Diarak Lagi, Ayo Buang Sampah yang Tertib!

Surabayaku Surabayamu, ayo dijogo rek!

Surabaya, IDN Times - Sudah 9 kali Kota Surabaya mendapatkan trofi Adipura Kencana. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, juga mengarak trofi pengharagaan Adipura Kencana itu keliling kota menggunakan mobil jeep wilys. Trofi itu dipamerkan ke seluruh Warga Surabaya sebagai bentuk pengharagaan kepada semua warga.

1. Adipura untuk warga

Adipura Surabaya Diarak Lagi, Ayo Buang Sampah yang Tertib!Eri Cahyadi saat mengarak trofi penghargaan Adipura Kencana, Rabu (1/3/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Eri cahyadi di atas mobil jeep willys-nya terlihat mengangkat trofi berwarna emas tersebut dengan diiringi riuh gembira warga Surabaya. Piala itu dibawa dari Jalan Ahmad Yani hingga Balai Kota Surabaya.

Tepat di depan Balai Kota Surabaya, puluhan petugas kebersihan menyambut trofi yang dibawa Eri Cahyadi. Mereka pun bersama-sama mengangkat trofi tersebut.

Eri cahyadi mengatakan, trofi itu ia persembahkan untuk semua warga Surabaya yang sudah guyub rukun serta gotong royong membuat Surabaya menjadi bersih. Nantinya, trofi tersebut akan diletakkan di kecamatan secara bergiliran.

"Adipura kencana ini untuk warga Surabaya terima kasih ke RT/RW, LPMK, Kader Surabaya Hebat, karena kehadiran kita semua bisa guyub rukun gorong royong," ujar Eri Cahyadi.

Baca Juga: Kota Surabaya Kembali Raih Adipura Kencana 2022, Total Menang 9 Kali

2. Eri Cahyadi komitmen kelola sampah 100 persen

Adipura Surabaya Diarak Lagi, Ayo Buang Sampah yang Tertib!Eri Cahyadi saat mengarak trofi penghargaan Adipura Kencana, Rabu (1/3/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Program Adipura 2022 menargetkan tahun 2025 Kabupaten Kota di Indonesia pengelolaan sampah 100 persen. Eri berkomitmen mendorong setiap RW untuk memilah sampah mulai dari tingkat rumah tangga.

"Ada beberapa RW yang sudah berjalan (memilah sampah) shingga kita akan lakukan itu terus smpe 2025," katanya.

3. Komitmen kelolah sampah di TPS

Adipura Surabaya Diarak Lagi, Ayo Buang Sampah yang Tertib!Penampakan Tumpukan Sampah TPA Benowo dari kawasan GBT. IDNTimes/Egydia

Kemudian, untuk pengelolaan sampah dari rumah tangga hingga ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS), akan dimaksimalkan pengelolaan kompos dan bank sampah. Harapannya, 100 persen sampah di Kota Surabaya tahun 2025 bisa dikelolah. 

"Target 2025, semua sampah bisa tersentuh sesai 100 persen dalam pengelolaannya," kata Eri. 

Pengharagaan Adipura Kencana ini, tujuh kali berturut-turut oleh Pemerintah Kota Surabaya. Selain mengarak Adipura Kencana, ada empat trofi lain yang juga diarak adalah Program Kampung Iklim (Proklim) Adiwiyata tingkat Mandiri dan Nasional dan Nirwasita Tantra. 

Baca Juga: Surabaya Punya 9 Bus Sekolah Gratis, Ada di 5 Titik Kumpul Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya