5 Orang Korban Selamat Tol Sumo Sudah Dibawa ke Surabaya

5 orang tersebut sudah dirawat di rumah sakit

Surabaya, IDN Times - Lima orang korban selamat dalam kecelakaan maut bus pariwisata di Tol Surabaya-Mojokerto KM 721.400 kini sudah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Surabaya.

1. Ada 2 orang di RSUD Soewandi dan 3 di RS BDH Surabaya

5 Orang Korban Selamat Tol Sumo Sudah Dibawa ke SurabayaBus Pariwisata kecelakaan di Tol Mojokerto menewasaskan 13 orang, Senin (16/5/2022). (Dok. PJR Polda Jatim)

Kepala Dinas Kesehatan Kota, Nanik Sukristina mengatakan 5 orang tersebut, dua orang dirawat di RSUD Soewandi, sementara tiga orang di RS Bhakti Dharma Husada (BDH) Surabaya.

"Informasinya terakhir ada 12 yang masih di sujumlah RS Mojokerto. Kalau stabil kita pindah ke Surabaya," ujar Nanik saat ditemui di Humas Pemkot Surabaya.

2. Pemkot akan bantu pembiayaan pengobatan

5 Orang Korban Selamat Tol Sumo Sudah Dibawa ke SurabayaBus Pariwisata kecelakaan di Tol Mojokerto menewasaskan 13 orang, Senin (16/5/2022). (Dok. PJR Polda Jatim)

Ia menuturkan, Pemerintah Kota juga akan membantu biaya pengobatan pasien yang akan dirawat di sejumlah di RS Surabaya. Namun, biaya terlebih dahulu akan ditanggung oleh Jasa Raharja.

"Mungkin dari Jasa Rahaja dulu , kalau melebihi jasa Raharja bisa ditanggung Pemkot melalui BPJS," sebutnya.

Baca Juga: Sopir Bus yang Kecelakaan di Tol Mojokerto Positif Narkoba

3. Pemkot beri trauma healing dan jaminan pendidikan bagi korban

5 Orang Korban Selamat Tol Sumo Sudah Dibawa ke SurabayaPemkot Surabaya saat mendatangi keluarga kecelakaan Tol Sumo, Selasa (17/5/2022). (dok. Diskomimfo Kota Surabaya)

Dalam membantu korban, Pemerintah Kota Surabaya juga telah memberikan trauma healing bagi korban dan jaminan biaya pendidikan bagi anak korban. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, trauma healing dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Surabaya. DP3A sudah berada di rumah korban untuk mendampingi anak-anak korban.

"Kemarin ketika saya di Mojokerto, ada yang masih teringat kejadian itu. Sehingga traumanya muncul betul. Jadi benar-benar harus kita tangani," ujar Eri saat berada di Benowo.

Seperti diberitakan sebelumnya, bus pariwisata mengalami kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto KM 721.400, Senin (16/5/2022). Akibatnya 13 orang tewas di tempat dan 1 di rumah sakit.

Baca Juga: Kecepatan Bus Kecelakaan Maut di Atas 100 Km/Jam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya