Antusias, Begini Suasana Pencoblosan di Eks Lokalisasi Dolly

Warga berharap pemerintahan baru nanti lebih bersih

Surabaya, IDN Times - Pemilu 17 April 2019, warga di sekitar Wisma Barbara yang terletak di kawasan eks lokalisasi Dolly, Surabaya nampak antusias sedari pagi. Yohana, 19 tahun, mahasiswi yang menjadi saksi di TPS 100 menyebutkan kepada IDN Times jika warga sudah mengantri sejak pukul 07.00 WIB untuk menyalurkan suaranya.

1. Ada 289 DPT yang tercatat, namun 4 dinyatakan tak akan memilih

Antusias, Begini Suasana Pencoblosan di Eks Lokalisasi DollyIDN Times/Indra Zakaria

Kusnadi, ketua KPPS TPS 100 yang berlokasi di Putat Jaya C Timur Gang 6 ini mengungkapkan ada sekitar 289 DPT yang tercatat hingga hari ini. Namun kepada IDN Times, ia menyatakan bahwa 4 DPT sudah dipastikan tidak akan memilih.

”Dari catatan ada 289, cuman ini 4 pasti gak nyoblos karena sudah meninggal dunia.”

Meski begitu surat suara yang tersedia di TPS yang bersebelahan langsung dengan Wisma Barbara, di kawasan lokalisasi Dolly ini tetap sejumlah DPT yang tercatat. Kusnadi mengungkapkan, surat suara sisa untuk berjaga-jaga bila ada surat suara lain yang rusak atau ada pemilih pendatang.

Baca Juga: Usaha Sepatu Warga Eks Lokalisasi Dolly Beromset Puluhan Juta Sebulan

2. Persiapan dilakukan 3 hari sebelum waktu nyoblos

Antusias, Begini Suasana Pencoblosan di Eks Lokalisasi DollyIDN Times/Indra Zakaria

Persiapan untuk pemilu 17 April ini, diakui Kusnadi telah dilakukan sejak 14 April 2019. Mulai mendirikan tenda hingga pemasangan background untuk DPT. 

“Baru sehari sebelumnya, kami memasang untuk meja-meja, menata kursi-kursi juga merangkai dan meletakkan bilik-bilik suara.”

Tak hanya TPS saja yang bersiap untuk menyambut pemilu, Sahroni, (60) warga yang juga penjual bakso ini mengatakan kepada IDN Times bahwa dirinya juga sudah mempersiapkan diri sejak 4 hari sebelum pemilu. Sahroni mengatakan ia sudah menerima surat undangan untuk mencoblos dan mendapatkan arahan oleh petugas agar datang sejak pukul 7 pagi.

”Empat hari lalu wes (sudah) dapat undangan. Ya sama petugase (petugasnya) disuruh datang jam 7 pagi jangan siang-siang biar gak telat (terlambat).”

3. Antusias nyoblos, warga sekitar berharap pemerintahan baru nanti lebih bersih

Antusias, Begini Suasana Pencoblosan di Eks Lokalisasi DollyIDN Times/Indra Zakaria

Haidar, (22) mahasiswa yang merupakan pemilih muda mengungkapkan bahwa dirinya sangat antusias mencoblos. Ia tak ingin golput dan berharap suaranya bisa membawa perubahan untuk Indonesia.

”Jangan golput lah, sayang suarae (hak suaranya) gak kepake ( terpakai). Lagian kan ini milih juga biar seng baru (pemerintah yang baru) bisa bawa perubahan. Minimal ya lapangan pekerjaan jadi makin banyak.”

Setali tiga uang, Sahroni yang menjadi pemilih di TPS sekitar kawasan eks lokalisasi Dolly ini juga berharap agar yang baik lah yang terpilih. 

“Orang kecil kayak saya ini, ya cuma ngarep (mengharap) supaya yang baik saja yang kepilih. Jokowi lah yang kepilih.”

Baca Juga: Sayangkan Tutupnya Dolly, Caleg Gerindra Sarankan Pembuatan Lokalisasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya