Comscore Tracker

Waspadai Cuaca Buruk Saat Musim Pancaroba, Ini Imbauan BMKG Tuban

Potensi angin kencang bisa saja terjadi di Tuban

Tuban, IDN Times- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati dalam menghadapi pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

Pergantian musim yang terjadi di bulan November saat ini, bakal dibarengi dengan peningkatan cuaca ekstrem dan akan berakhir hingga musim penghujan tiba. "Yang pastinya kita tetap menghimbau kepada masyarakat agar hati-hati dalam menghadapi musim pancaroba," kata Kapoksi BMKG Tuban, Zumrotul, kepada IDN Times, Kamis (21/11).

1. Potensi angin kencang bisa saja terjadi di Tuban

Waspadai Cuaca Buruk Saat Musim Pancaroba, Ini Imbauan BMKG TubanSalah satu petugas BMKG Kabupaten Tuban memantau perkembangan cuaca. IDN Times/Imron

BMKG Tuban memprediksi hujan dengan intensitas sedang baru akan terjadi pada tanggal 21-30 November, untuk wilayah Tuban bagian selatan. Sedangkan wilayah tengah dan sekitarnya dimulai pada 1-10 Desember 2019.

"Saat awal-awal musim hujan, potensi angin kencang masih ada, meski relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan musim pancaroba, dan pada 21-30 ini wilayah selatan sudah mulai diguyur hujan," ungkapnya.

2. Waspadai juga gelombang air laut tinggi saat musim pancaroba

Waspadai Cuaca Buruk Saat Musim Pancaroba, Ini Imbauan BMKG TubanGelombang air laut di perairan laut Tuban terpantau normal. IDN Times/Imron

Pergantian musim pancaroba, biasanya juga berpotensi mengakibatkan gelombang air laut pasang. Para nelayan yang biasanya melaut mencari ikan juga diminta untuk tetap berhati-hati dan mengikuti perkembangan informasi yang dibagikan BMKG Tuban melalui radio dan website resminya. "Tapi untuk saat ini ketinggian air laut masih stabil dan tidak terlalu tinggi," katanya.

3. Masyarakat disarankan untuk memotong pohon yang sudah tua

Waspadai Cuaca Buruk Saat Musim Pancaroba, Ini Imbauan BMKG TubanGedung BMKG yang terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Dalam menghadapi musim penghujan, masyarakat juga diminta untuk melakukan persiapan dan antisipasi, seperti melakukan pemotongan ranting atau pohon yang sudah tua. "Persiapan lainnya mungkin bisa mengganti atap genteng rumah yang bocor, bersihkan saluran air dari sampah agar saluran drainase lancar," imbuhnya.

Baca Juga: Solar Langka, Sopir Truk Sampai Menunggu 24 Jam di SPBU Tuban

4. Cuaca ekstrem juga dapat mengakibatkan pasokan listrik mati

Waspadai Cuaca Buruk Saat Musim Pancaroba, Ini Imbauan BMKG TubanGedung Kantor BMKG di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, IDN Times/Imron

Selain itu, hujan yang mengguyur Kabupaten Tuban juga bakal diiringi dengan petir dan berpotensi mengakibatkan pasokan listrik terputus. "Kilat atau petir dapat membuat suplai listrik terputus. Tidak ada salahnya kita siapkan sumber listrik cadangan dan terus update perkembangan terbaru dari kita yang biasanya kita bagikan melalui website resmi kami," pungkasnya.

Baca Juga: Atasi Kelangkaan, Pertamina Tambah Pasokan Solar di Tuban

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You