Warga Lamongan Dihebohkan Dengan Kemunculan Buaya di Sungai  

Diduga karena debit air sungai berkurang

Lamongan, IDN Times - Penampakan beberapa ekor buaya di Sungai Bengawan Solo, Desa Konang, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan membuat warga sekitar heboh dan berdatangan ke sungai untuk melihatnya.

Salah satu warga setempat, M Khoirul, kepada IDN Times, Kamis (3/10) mengatakan, penampakan buaya ke permukaan air tersebut disebabkan menyusutnya air sungai pada musim kemarau. Buaya-buaya tersebut diduga keluar dari sarangnya untuk mencari lokasi yang dingin. "Kemungkinan kepanasan mas dan bermunculan buaya itu ke permukaan air," katanya.

1. Warga mengabadikan kemunculan buaya dengan kamera ponsel

Warga Lamongan Dihebohkan Dengan Kemunculan Buaya di Sungai  IDN Times/ Istimewa

Warga yang melihat secara langsung kemunculan buaya tersebut, juga sempat mengabadikan momen itu mengunakan video di ponsel mereka. Menurut Khoirul, kemunculan buaya di sungai Bengawan Solo bukanlah pertama kali terjadi. Hal serupa juga pernah terjadi di tahun sebelumnya. "Sudah sering kok mas terjadi kemunculan buaya," ungkapnya.

2. Warga tidak pernah diganggu

Warga Lamongan Dihebohkan Dengan Kemunculan Buaya di Sungai  IDN Times/ Istimewa

Meski kerap menampakan wujudnya ke permukaan air, namun buaya-buaya tersebut tidak pernah menganggu warga. Warga tetap melakukan aktivitas mandi di sungai dan keperluan lainnya.

Khoirul mengaku, meski tidak berbahaya namun pihaknya berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan upaya pencegahan sehingga hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

3. Buaya berjumlah lima ekor

Warga Lamongan Dihebohkan Dengan Kemunculan Buaya di Sungai  IDN Times/ Istimewa

Khoirul menambahkan, buaya-buaya yang bermunculan tersebut diperkirakan berjumlah sekitar lima ekor. Mereka biasanya menampakkan wujudnya pada siang dan malam hari.

"Kita juga tidak tahu apakah selain faktor kepanasan buaya-buaya tersebut muncul ke permukaan air karena lapar, karena warga hanya mengetahui buaya itu berenang dari hulu ke hilir dan dari sisi ke sisi Bengawan Solo," imbuhnya.

Baca Juga: Longsor di Bantaran Sungai Bengawan Solo, 23 Jiwa Kehilangan Rumah

4. Panjang buaya mencapai 2 meter lebih

Warga Lamongan Dihebohkan Dengan Kemunculan Buaya di Sungai  IDN Times/ Istimewa

Panajang buaya yang sering dilihat warga sendiri berkisar 1-2 meter. Kelima buaya itu tidak secara bersamaan bermunculan. Buaya yang berukuran besar biasanya muncul pada siang hari. "Tiga ekor buaya masih kecil dan dua berukuran besar mas," pungkasnya.

Baca Juga: Menyeberang di Bengawan Solo, Pria Tanpa Identitas Tewas Tenggelam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya