Usai Santap Ikan Beramai-ramai, Rudiyanto Tewas Keracunan

Beruntung nyawa satu korban lain terselamatkan

Tuban, IDN Times- Rudiyanto Wijaya (39) warga Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, tewas usai menyantap ikan laut jenis buntek. Selain Rudiyanto, Muhaimin (40) yang juga memakan ikan tersebut mengalamai keracunan, namun nyawanya bisa diselamatkan.

Dirut RSUD Dr Koesma Tuban Saiful Hadi, saat dikonfirmasi membenarkan jika rumah sakit tempat ia bekerja saat ini tengah merawat satu pasien yang menderita keracunan. Kondisi pasien sendiri saat ini sudah mulai membaik. Namun masih butuh pengawasan dari dokter. "Memang benar kita merawat pasien atas nama Muhaimin karena keracunan," kata Saiful.

1. Empat jam usai menyantap ikan laut perut korban terasa mual

Usai Santap Ikan Beramai-ramai, Rudiyanto Tewas KeracunanIDN Times/ Istimewa

Berdasarkan informasi yang diperoleh Saiful dari korban Muhaimin, usai keduanya memakan ikan laut jenis buntek tersebut, perut korban merasa mual dan kepala terasa pusing. Mereka lalu muntah-muntah.

Rudiyanto sebenarnya sempat dibawa ke Puskesmas namun nyawanya tak tertolong. Sedangkan Muhaimin selamat usai mendapat perawatan dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Koesma Tuban. "Jadi menurut penuturan korban pada pukul 21.00 WIB ini korban makan ikan. Kemudian empat jam setelahnya mereka muntah," kata Saiful.

2. Banyak yang memakan ikan, tapi dua orang yang menjadi korban

Usai Santap Ikan Beramai-ramai, Rudiyanto Tewas KeracunanIDN Times/ Istimewa

Selain kedua korban, ada beberapa orang yang juga memakan ikan tersebut. Anehnya, hanya dua orang, yaitu Muhaimin dan Rudiyanto yang menjadi korban. Sedangkan beberapa rekan korban tidak mengalami keracunan.

Bahkan, saat kedua korban ini jatuh pingsan akibat keracunan, mereka justru menolong keduanya. "Informasi yang kita terima dari pasien ini mereka makan ikan secara bersama-sama dalam satu wadah, tapi anehnya hanya dua orang saja yang menjadi korban, yang lain selamat," kata Saiful.

Baca Juga: Pria Asal Tuban Nekat Bunuh Diri dengan Terjun ke Sungai Bengawan Solo

3. Petugas medis perlu meneliti

Usai Santap Ikan Beramai-ramai, Rudiyanto Tewas KeracunanPixabay/DarkoStojanovic

Menurut Saiful, kasus kematian warga yang disebabkan keracunan ikan buntek tersebut harus ditindaklanjuti. Petugas Puskesmas setempat harus meneliti zat atau racun apa yang terkandung dalam makanan tersebut. "Ini jelas sebuah keanehan yang lain selamat sementara dua orang keracunan, ini perlu diteliti lebih lanjut. Jangan sampai ada korban berikutnya, petugas juga harus melakukan penyuluhan kepada masyarakat," jelasnya.

4. Masyarakat diminta jaga pola hidup sehat

Usai Santap Ikan Beramai-ramai, Rudiyanto Tewas Keracunanpixabay.com/offthelefteye

Saiful mengimbau kepada seluruh masyarakat Tuban agar tetap menjaga gaya atau pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat.  Khusus untuk musim penghujan ini, masyarakat juga harus waspada penyakit diare, ISPA, serta memperhatikan bahan makanan yang hendak dikonsumsi. "Jangan lupa sebelum menyantap hidangan juga cuci tangan pakai sabun, ini juga untuk menghindari terserangnya penyakit yang disebabkan melalui jari tangan kita yang tidak bersih," pungkasnya.

Baca Juga: 15 ABK Asal Lamongan Keracunan Ikan Busuk, Dua Tewas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya