Tutup Selama 4 Bulan, Jembatan Penghubung Tuban-Bojonegoro Dibuka

Jembatan Glendeng mengalami kerusakan sejak setahun lalu

Tuban, IDN Times- Setelah 4 bulan lamanya ditutup karena harus diperbaiki. Jembatan Glendeng yang menghubungkan dua Kabupaten Bojonegoro dan Tuban akhirnya dibuka kembali. Jembatan yang terletak di Desa Simo, Kecamatan Soko, Tuban itu, mengalami retak-retak dan juga abrasi di sisi Utara Tuban akibat keseringan tergerus arus Sungai Bengawan Solo.

1. Jembatan Glendeng untuk sementara waktu hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda dua

Tutup Selama 4 Bulan, Jembatan Penghubung Tuban-Bojonegoro DibukaJembatan Glendeng yang menghubungkan dua Kabupaten Bojonegoro dan Tuban sudah dibuka kembali setelah 4 bulan ditutup karena perbaikan. Dok Istimewa

Meski telah dibuka kembali, namun jembatan tersebut untuk sementara waktu hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda dua. Sementara untuk kendaraan roda empat masih harus mencari jalan alternatif lain untuk menuju ke arah Bojonegoro maupun sebaliknya.

"Sudah kita buka kembali, namun jembatan ini kita khususkan untuk kendaraan roda dua saja, roda empat nanti menyusul," kata Kanit Keamanan dan keselamatan (Kamsel) Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Tuban Iptu Samsir Santoso, Selasa (4/1/2022).

2. Pembukaan jembatan dilakukan oleh pemerintah Bojonegoro dan Tuban

Tutup Selama 4 Bulan, Jembatan Penghubung Tuban-Bojonegoro DibukaKanit Keamanan dan keselamatan (Kamsel) Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Tuban Iptu Samsir Santoso. Dok Istimewa

Menurutnya, pembukaan jembatan yang memiliki panjang 310 meter dan lebar 5 meter itu sudah sesuai dengan surat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Tuban. Pembukaan jembatan sendiri pun juga dilakukan oleh kedua belah pihak baik pemerintah Bojonegoro maupun Tuban.

"Jadi baik pemerintah Tuban maupun Bojonegoro, kita sama-sama melakukan pengecekan kelayakan Jembatan Glendeng setelah dilakukan perbaikan beberapa waktu lalu. Ya kita harapkan setelah jembatan ini dibuka kembali masyarakat lebih patuh terhadap aturan lalulintas dan berhati-hati," jelasnya.

Baca Juga: Dampak Jembatan di Gresik Putus, Warga Harus Memutar Sejauh 3 Km

3. Jembatan Glendeng mengalami kerusakan sejak setahun lalu

Tutup Selama 4 Bulan, Jembatan Penghubung Tuban-Bojonegoro DibukaJembatan Glendeng yang menghubungkan dua Kabupaten Bojonegoro dan Tuban sudah dibuka kembali setelah 4 bulan ditutup karena perbaikan. Dok Istimewa

Samsir mengatakan, jembatan Glendeng sendiri telah mengalami kerusakan sejak setahun lalu. Pemerintah setempat juga sempat membuat jembatan darurat, namun jembatan darurat tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja. Hingga akhirnya jembatan itu ditutup total selama 4 bulan hingga proses renovasi proyek jembatan selesai.

"Kan sudah satu tahun rusak, kemudian dibuat lah jembatan darurat. Ya mudah-mudahan dengan dibukanya jembatan ini aktifitas masyarakat bisa kembali normal dan terpenting jaga keselamatan saat berkendara," pungkasnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Sempat Hambat Akses Menuju Jembatan Suramadu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya