Comscore Tracker

Temui Nelayan Tuban, Sandiaga Sebut Pemerintah Perumit Perizinan

Janji tidak akan mempersulit jika terpilih

Tuban, IDN Times- Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut pemerintah pusat memperumit masalah perizinan kapal nelayan di Tuban, Kamis (14/2). Dalam dialog dengan belasan nelayan di lokasi objek wisata Pantai Kelapa, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sandiaga Uno berjanji jika nanti terpilihakan mempermudah mekanisme perizinan. 

1. Proses perizinan kapal nelayan akan sangat mudah

Temui Nelayan Tuban, Sandiaga Sebut Pemerintah Perumit PerizinanIDN Times/Imron

ia pun menjanjikan proses perizinan yang mudah, tidak seperti sekarang yang dianggap dapat menyengsarakan rakyat, khususnya nelayan. Karena nelayan harus mondar-mandir mengurus dokumen kesana kemari demi mendapatkan izin berlayar. "Insya Allah jika saya terpilih nanti, proses perizinan kapal nelayan tidak akan dipersulit. Seperti saat ini, doakan Prabowo-Sandi menang menjadi presiden RI, tahun 2019 ini," katanya.

2. Menstabilkan harga rajungan hasil tangkapan nelayan

Temui Nelayan Tuban, Sandiaga Sebut Pemerintah Perumit PerizinanIDN Times/Imron

Selain proses perizinan, banyak juga nelayan yang mengeluhkan harga jual rajungan. Jika di tahun 2018 bisa mencapai Rp80-90 ribu per kg, awal tahun 2019 ini hanya Rp30-40 ribu.

Menurut Sandiaga, hal ini juga akan menjadi pekerjaan rumah Prabowo-Sandi. "Tadi juga masalah harga rajungan yang turun drastis ini perlu kita pikirkan," katanya.

3. Membuat trobosan agar nelayan dapat memanfaatkan hasil laut

Temui Nelayan Tuban, Sandiaga Sebut Pemerintah Perumit PerizinanIDN Times/Imron

Janji lain Sandiaga adalah nelayan akan diberikan pelatihan tentang cara mengelola hasil laut, salah satunya adalah pemanfaatan cangkang rajungan. Cangkang itu diyakini dapat menjadi obat untuk memelihara kesehatan sendi tulang sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. "Tidak banyak yang mengetahui pemanfaatan cangkang rajungan ini, saya setiap hari meminum suplemen yang terbuat dari cangkang untuk menguatkan sendi tulang," jelasnya.

Baca Juga: Santripreneur Disebut Gagasan Sandiaga, Menperin: Copycat!

4. Bantu kembangkan objek wisata laut

Temui Nelayan Tuban, Sandiaga Sebut Pemerintah Perumit PerizinanIDN Times/Imron

Tidak hanya hasil laut saja yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir, kawasan pantai, kata dia, juga berpotensi menjadi obyek wisata.

"Kita juga akan memberikan perhatian kepada masyarakat khususnya mereka yang tinggal di wilayah pesisir. Dengan memanfaatkan keindahan panorama laut seperti pantai kelapa di Tuban ini, kalau dikelola dengan benar maka akan bisa menumbuhkan perekonomian warga," jelasnya.

5. Kunjungi beberapa lokasi di Tuban

Temui Nelayan Tuban, Sandiaga Sebut Pemerintah Perumit PerizinanIDN Times/Imron

Dalam kunjungannya ke Tuban, Sandiaga juga akan berkunjung ke sejumlah tempat, seperti ziarah ke makam Sunan Bonang dan sowan ke Habib Muhammad Ba'agil (Habaib dan Kopasandi), di Jalan KH Mustain, Kutorejo, Kecamatan Tuban. Setelah itu, Sandiaga menyapa warga di pantai kelapa untuk berdialog dengan nelayan dan emak-emak sebelum mengunjungi UMKM, pengrajin batik gedog Kerek.

Baca Juga: Timses Jokowi Sebut Puisi Fadli Zon Jadi Blunder Prabowo-Sandiaga

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya