Tanggul Sungai Jebol, Banjir Bandang Terjang Satu Kecamatan di Tuban

Banjir rendam fasilitas umum dan sawah warga

Tuban, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur Desa Puncangan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban menyebabkan debit air Sungai Kapur meluap, Selasa (18/2). Akibatnya, sejumlah rumah warga dan fasilitas umum seperti masjid dan sekolah terendam air setinggi setengah meter.

Tak hanya itu banjir bandang juga memutus ruas jalan yang menghubungkan sejumlah desa di kecamatan setempat.

"Hujan kurang lebih tiga jam dan mengakibatkan banjir," kata Harmoko, salah seorang warga yang ditemui IDN Times disela-sela membersihkan material lumpur di dalam rumahnya.

1. Belasan motor mogok akibat nekat menerjang banjir

Tanggul Sungai Jebol, Banjir Bandang Terjang Satu Kecamatan di TubanMengalami mati mesin, seorang pengendara motor terpaksa mendorong motornya. IDN Times/Imron

Sementara itu, belasan motor terlihat mogok. Para pengendara nekat menerjang banjir. Mereka pun terpaksa mendorong motor dan memperbaikinya di pinggir jalan. Sedangkan anak-anak dan para remaja yang kebetulan bermain di lokasi banjir juga ikut membantu mendorong motor yang mogok.

2. Banjir bandang terparah

Tanggul Sungai Jebol, Banjir Bandang Terjang Satu Kecamatan di TubanBanjir bandang di Tuban membuat sekolah dan jalan raya terendam. IDN Times/Imron

Menurut Harmoko, banjir bandang kali ini merupakan yang terparah. Ia menduga banjir kali ini disebabkan karena adanya penggundulan hutan dan alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan. "Terparah mas sebelumnya tidak pernah seperti ini banjirnya," kata Harmoko.

Baca Juga: Banjir Bandang Hantam Bondowoso, Diperkirakan 200 Rumah Terdampak

3. 50 hektare sawah milik petani terendam banjir

Tanggul Sungai Jebol, Banjir Bandang Terjang Satu Kecamatan di TubanTanggul Sungai Kapur jebol dan mengakibatkan puluhan hektar padi terendam. IDN Times/Imron

Selain mengakibatkan fasilitas umum terendam, banjir juga mengakibatkan tanggul Sungai Kapur jebol. Sekitar 50 hektare sawah milik petani setempat terendam air. Petani pun terancam gagal panen.

"Sekitar 50 hektare sawah yang terendam dan ada dua titik tanggul sungai Kapur yang jebol," kata Masnun, salah seorang relawan Tagana Kecamatan Palang.

4. Kerugian masih dihitung

Tanggul Sungai Jebol, Banjir Bandang Terjang Satu Kecamatan di TubanBanjir bandang di Tuban memutus akses jalan. IDN Times/Imron

Petugas Tagana Kabupaten Tuban juga masih menghitung jumlah kerugian yang disebabkan banjir bandang tersebut. Kerugian itu meliputi rusaknya lahan pertanian padi dan tanggul sungai yang jebol.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya saja tanggul sungai kapur saja yang jebol di dua titik," pungkasnya.

Baca Juga: BPBD Jember Imbau Warga Waspada Banjir Bandang Susulan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya