Selama Pandemik COVID-19, 7 Dokter di Tuban Gugur

30 persen tenaga medis Tuban mendapatkan vaksin ketiga

Tuban, IDN Times - Selama pandemik COVID-19, sedikitnya ada 7 dokter di Kabupaten Tuban meninggal dunia karena terpapar virus corona. Dokter yang meninggal dunia karena terpapar COVID-19 itu, rata-rata memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

"Sejauh ini ada 7 dokter yang meninggal. Rata-rata punya penyakit bawaan dan ada yang tidak seperti dokter Puskesmas Bangilan kemarin itu," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Bambang Priyo Utomo, Rabu (11/8/2021).

1. 120 bidan dan perawat masih dirawat karena terpapar COVID-19

Selama Pandemik COVID-19, 7 Dokter di Tuban GugurSeorang tenaga kesehatan melambaikan tangan sebelum memberikan makanan kepada pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). Kementerian Kesehatan menyebut anggaran untuk insentif tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 mencapai Rp1,9 triliun baik di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dan institusi kesehatan pusat. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bambang menjelaskan, selain dokter, kasus kematian akibat terpapar virus COVID-19 juga menimpa para perawatan dan juga bidan yang bertugas di setiap wilayah di Tuban. Saat ini saja, lanjut Bambang masih terdapat 120 nakes yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Kalau perawat dan bidan jumlahnya banyak, tidak hafal saya tapi yang jelas banyak dan sekarang nakes yang kita rawat saja ada 120 orang dan mereka sudah menjalani perawatan selama 10 hari," katanya.

Baca Juga: Dirawat 11 Hari, Dokter di Tuban Meninggal Terpapar COVID-19

2. 30 persen tenaga medis di Tuban sudah disuntik vaksin tahap ke-tiga

Selama Pandemik COVID-19, 7 Dokter di Tuban GugurKantor Dinas Kesehatan Tuban. IDN Times/Imron

Saat ini, lanjut Bambang sudah 30 persen tenaga medis di Tuban yang sudah menerima suntikan vaksin tahap ke-tiga. Pemberian vaksinasi terhadap para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani COVID-19 itu diberikan setiap hari Sabtu.

"Sudah 30 persen dan semuanya tenaga medis ya pasti dapat dan untuk penyuntikan vaksin dilaksanakan hari Sabtu. Karena kalau berikan di jam kerja takutnya nakes tersebut tidak bisa bekerja karena efek vaksin ini bikin badan sakit," jelasnya.

3. Per 10 Agustus ada 55 tambahan kasus COVID-19 baru

Selama Pandemik COVID-19, 7 Dokter di Tuban GugurIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Bambang melanjutkan, per 10 Agustus 2021 ini terdapat penambahan kasus baru sebanyak 55 orang, 37 dinyatakan sembuh. Sementara jumlah keseluruhan warga Tuban yang terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 6.812 orang, 5640 sembuh, 884 meninggal dunia dan 288 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit sedangkan 89 isolasi mandiri.

"Yang masih di rawat ada 288 orang dengan rincian RSUD Koesma 53, 19 RSNU, 14 RS Medika, 12 RSAM, 6 RSMT dan rumah sakit luar Tuban sebanyak 95 orang," pungkasnya.

Baca Juga: Geruduk Dinsos Tuban, Belasan Warga Mengaku Tak Terima Bantuan 7 Bulan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya