Sejumlah 'Pocong' di Lamongan Bagikan Masker Gratis

Tenang, ini bukan pocong beneran!

Lamongan, IDN Times - Sekelompok pemuda di Kabupaten Lamongan mempunyai cara unik saat membagi-bagikan masker gratis kepada warga di tengah pandemi virus corona atau COVID-19. Mereka berdandan serba putih seperti pocong. Tak ayal, aksi kocak sejumlah pemuda Desa Badurame, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan menunai simpatik dari masyarakat.

1. Pemuda yang berdandan ala pocong menghampiri warga yang melintas di jalan

Sejumlah 'Pocong' di Lamongan Bagikan Masker GratisSekelompok pemuda di Lamongan berdandan seperti pocong saat membagikan masker gratis pada warga. IDN Times/Istimewa

Aksi bagi-bagi masker gratis sendiri dilakukan para pemuda setempat pada Kamis malam (16/4). Mereka berjejer di pintu masuk desa setempat. Saat sejumlah warga melintas, pocong-pocong itu kemudian menghampiri mereka dan memberikan masker kain serta memakaikannya. Meski awalnya banyak warga yang merasa kaget, namun aksi itu juga mengundang tawa dari warga.

2. Bagi-bagi masker untuk memutus penyebaran COVID-19 di Lamongan

Sejumlah 'Pocong' di Lamongan Bagikan Masker GratisSekelompok pemuda di Lamongan berdandan seperti pocong saat membagikan masker gratis pada warga. IDN Times/Istimewa

Kepala Desa Badurame Juwadi mengatakan, aksi sekelompok pemuda itu bertujuan agar masyarakat sadar dan terus memakai masker di tengah merebaknya COVID-19 di Lamongan. Selain itu, aksi tersebut juga merupakan upaya mereka untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Sempat kaget saat awal kali melihatnya karena ada pocong, tapi aksi ini malah mendapat simpati dari warga," kata Juwadi kepada IDN Times, Jumat (17/4).

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Kemenag Lamongan Hentikan Layanan Nikah

3. Para pemuda juga menyemprotkan cairan disinfektan kepada pengguna jalan

Sejumlah 'Pocong' di Lamongan Bagikan Masker GratisSekelompok pemuda di Lamongan berdandan seperti pocong. IDN Times/Istimewa

Tak hanya membagikan masker gratis, pocong-pocong itu juga menyemprotkan cairan disinfektan kepada setiap pengendara motor dan mobil yang kebetulan melintas di desa setempat. Rencananya aksi bagi-bagi masker dan penyemprotan cairan desinfektan akan terus dilakukan hingga berakhirnya virus corona.

"Kami juga berharap kepada masyarakat supaya sadar dan terus memakai masker saat beraktivitas, terutamanya di luar rumah," harapannya.

4. Terapkan kampung distancing

Sejumlah 'Pocong' di Lamongan Bagikan Masker GratisPemuda di Lamongan berdandan seperti pocong, saat membagikan masker pada warga. IDN Times/Istimewa

Sesuai intruksi dari pemerintah setempat, lanjut Juwadi, saat ini desa yang ia pimpin juga sudah menerapkan kampung distancing. Serta menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah lokasi dan rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah penduduk.

"Kalau langkah yang sudah kami lakukan untuk memutus penyebaran virus corona sudah banyak. Di antaranya penerapan kampung distancing, sosialisasi kepada warga, dan bagi-bagi masker," pungkasnya.

Baca Juga: Kabar Baik, Dua Pasien COVID-19 di Lamongan Dinyatakan Sembuh

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya