Sedekah Bumi, Warga Berebut Nasi Buceng di Kelenteng Tuban

Sedekah bumi juga bertujuan untuk menghormati para leluhur

Tuban, IDN Times - Ratusan warga Tuban saling berebut nasi buceng saat ritual sedekah bumi di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Kamis (22/8), siang. Tradisi sedekah bumi dan sembahyang ini merupakan acara tahunan yang diadakan setiap Minggu ke tiga sebelum perayaan Imlek dimulai. Dalam sekejap, ratusan bungkus nasi buceng habis diperebutkan warga.

1. Bagikan 1.500 bingkisan nasi buceng

Sedekah Bumi, Warga Berebut Nasi Buceng di Kelenteng TubanIDN Times/ Imron

Panitia menyediakan 1.500 bungkus nasi buceng komplit dengan lauk pauk di dalamnya. Nasi buceng itu merupakan hasil sumbangan para jamaat Kelenteng. Pengurus Kelenteng, Gunawan Putra Wirawan mengatakan, tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. "Sudah ada semenjak klenteng ini berdiri, sempat berhenti dan kini kita gelar kembali," katanya, Kamis (22/8).

2. Sebagi bentuk penghormatan kepada leluhur yang sudah tiada

Sedekah Bumi, Warga Berebut Nasi Buceng di Kelenteng TubanIDN Times/ Imron

Ritual sedekah bumi sendiri bertujuan untuk menghormati para leluhur yang sudah meninggal dunia. Tradisi ini dipercaya bisa membuat arwah nenek moyang mereka tenang di alam sana. "Kenapa kita membuat buceng, ini kita sesuaikan dengan adat dan kebudayaan masyarakat di Tuban. Kalau di tempat lain mungkin istilahnya lain," jelasnya.

3. Gelar acara sembahyang sebelum diperebutkan

Sedekah Bumi, Warga Berebut Nasi Buceng di Kelenteng TubanIDN Times/ Imron

Sebelum bungkusan nasi buceng itu diperebutkan, terlebih dahulu para jamaat Kelenteng menggelar acara prosesi sembahyang. Setelah itu nasi buceng baru boleh diperebutkan oleh para warga.

"Di atas buceng kenapa ada bendera kuning dan merah, karena itu identik dengan warna klenteng sedangkan untuk tulisan di bendera itu milik jemaat yang menyumbang," terang Gunawan.

Baca Juga: Ngefans Jokowi, Bapak dan Anak Asal Tuban Bersepeda Ontel ke Jakarta

4. Warga mengaku senang

Sedekah Bumi, Warga Berebut Nasi Buceng di Kelenteng TubanIDN Times/ Imron

Sementara itu salah satu warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, bernama Sumarlin (50) mengaku senang dengan acara sedekah bumi yang diadakan oleh pihak Kelenteng. Meski dirinya harus berdesak-desakan dengan para warga lainnya namun hasil berebut nasi buceng itu akan ia makan bersama dengan anak cucu mereka di rumah. Ia sendiri baru kali pertama kali mengikuti ritual tersebut. "Senang mas bisa dibuat makan sama anak dan cucu saya," pungkasnya.

5. Dijaga aparat kepolisian Polres Tuban

Sedekah Bumi, Warga Berebut Nasi Buceng di Kelenteng TubanIDN Times/ Imron

Untuk mengantisipasi kericuhan saat perebutan nasi buceng, sejumlah aparat kepolisian Polres Tuban baik yang berseragam lengkap maupun preman berjaga-jaga di lokasi tersebut. Agar proses berebut nasi buceng juga berlangsung aman, pihak panitia juga membatasi warga yang hadir dengan memberikan kupon. Selain membagikan nasi buceng, pihak Klenteng Tuban juga akan membagikan beras gratis kepada warga.

Baca Juga: Saling Lempar Bubur, Cara Masyarakat Tuban Jauhkan Marabahaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya