Comscore Tracker

Razia Arak Nihil, Satpol PP Tuban Sempat Salah Masuk Dapur Warga

Sang pemilik rumah sedang memasak

Tuban, IDN Times - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tuban menggelar razia miras rutin pada Kamis (6/12). Bukannya mendapat pabrik miras seperti yang mereka targetkan, Satpol PP malah salah masuk ke rumah warga yang saat itu tengah melakukan aktivitas memasak di dapur.

"Lho pak, di sini tidak ada pabrik arak kok. Ini saya lagi memasak di dapur, kalau bapak mau periksa silakan saja," kata pemilik rumah di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

1. Petugas menyisir tempat peternakan lele

Razia Arak Nihil, Satpol PP Tuban Sempat Salah Masuk Dapur WargaIDN Times/Imron

Tidak hanya itu, gudang yang juga dijadikan tempat peternakan lele juga ikut dirazia. Petugas mencurigai tempat yang sepi itu dijadikan warga sebagai tempat memproduksi arak. Setelah dicek ke dalam petugas tidak mendapati aktivitas warga yang mencurigakan.

"Jadi razia yang kita lakukan ini, salah satunya mencari keberadaan masyarakat yang memproduksi arak, ini kita lakukan secara mendadak, dan hasilnya tidak kita temukan," kata Kasat Satpol-PP Joko Herlambang.

Baca Juga: Pasang Instalasi Listrik, Seorang Kakek di Tuban Ditemukan Tewas

2. Petugas hanya dapati eks barang produksi arak

Razia Arak Nihil, Satpol PP Tuban Sempat Salah Masuk Dapur WargaIDN Times/Imron

Saat berada di peternakan lele, petugas hanya mendapati sejumlah barang-barang yang diduga pernah dijadikan oleh pemiliknya memproduksi arak. Namun berdasarkan informasi yang berkembang sejak tempat itu digrebek beberapa waktu yang lalu, pemilik sudah tidak mengoperasikan kembali.

"Kemungkinan tempat gudang lele yang kita razia ini, hanya dijadikan tempat untuk mengemas arak, bukan sebagai tempat produksi," jelasnya.

3. Ketahuan petugas, pemilik bersembunyi di dalam rumah

Razia Arak Nihil, Satpol PP Tuban Sempat Salah Masuk Dapur WargaIDN Times/Imron

Setelah itu, mereka melanjutkan razianya di Desa Perungahan Kulon, Kecamatan Semanding Tuban. Di sini, petugas mencurigai adanya aktivitas warga yang memproduksi arak disalah satu rumah. Namun saat petugas tiba dilokasi, pemilik rumah justru terlebih dahulu menutup rumahnya.

Hingga akhirnya petugas terpaksa memanjat dinding rumah sembari, melihat isi dalam rumah dari sela-sela dinding rumah yang bolong. Di sana memang terlihat ada kepulan asap. Diduga, pemilik rumah sedang melakukan penyulingan arak.

4. Petugas menyisir tiga lokasi tempat yang berbeda

Razia Arak Nihil, Satpol PP Tuban Sempat Salah Masuk Dapur WargaIDN Times/Imron

Ada tiga tempat yang sadar oleh petugas, di antaranya rumah yang berada di Desa Perungahan Kulon, peternakan lele dan rumah warga di Desa Bektiharjo. "Ada tiga titik yang kita curigai sebagi rumah produksi arak, tapi hanya satu rumah yang di Perungahan Kulon saja yang sepertinya tengah memproduksi arak," kata Joko.

5. Penegakan peraturan daerah

Razia Arak Nihil, Satpol PP Tuban Sempat Salah Masuk Dapur WargaIDN Times/Imron

Menurut Joko razia yang menyasar pelaku pembuatan arak tersebut, bertujuan untuk memberantas miras sekaligus menegakkan peraturan daerah (Perda). Yang mana miras sendiri adalah minuman keras yang dapat menyebabkan kematian pada orang yang meminum. 

Baca Juga: Diduga Caplok Lahan, Semen Indonesia Dilaporkan Warga Tuban

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You