Puluhan Rel Tanpa Penjaga dan Palang Pintu, Ini Upaya Dishub Lamongan 

Volumen kendaraan yang melintas makin meningkat jelang mudik

Lamongan, IDN Times-  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan rencananya menerjunkan 35 relawan yang akan bertugas menjaga rel KA tanpa palang pintu yang tersebar di seluruh wilayah Lamongan,.

Data yang dikantongi oleh Dishub Lamongan menyebutkan, sedikitnya ada 40 titik perlintasan KA di Lamongan yang tidak memiliki palang pintu dan petugas penjaga. "Seperti tahun sebelumnya kami juga akan mengerahkan puluhan relawan penjaga palang pintu," kata Kepala Seksi Angkutan Sungai dan Jalan Rel Dishub Lamongan, Elly Widyaastuti, Jumat (10/5).

1. Puluhan relawan bakal berjaga secara bergantian hingga arus balik lebaran

Puluhan Rel Tanpa Penjaga dan Palang Pintu, Ini Upaya Dishub Lamongan IDN Times/ Imron

Elly mengatakan, relawan yang bakal bertugas menjaga lintasan KA tanpa palang pintu nantinya akan diambil dari beberapa warga sekitar lintasan rel kereta. "Mereka akan berjaga secara bergantian, mulai arus mudik hingga arus balik, mas," jelas Elly.

2. Total 45 perlintasan rel kereta yang ada di Lamongan

Puluhan Rel Tanpa Penjaga dan Palang Pintu, Ini Upaya Dishub Lamongan IDN Times/ Imron

Sebenarnya, lanjut Elly, ada 45 titik perlintasan rel KA yang tersebar di Lamongan mulai dari Kecamatan Deket hingga Kecamatan Babat. Namun, 45 titik perlintasan itu hanya ada 2 perlintasan yang berpalang pintu dan dijaga oleh petugas. Sementara sebelas perlintasan tanpa palang pintu dijaga oleh petugas dari Dishub Lamongan. "Sebenarnya sudah ada penjaganya yang kita sediakan. Tetapi itu masih kurang dan tahun ini akan kita tambah," ungkapnya.

Baca Juga: Ramadan, Perajin Songkok Lukis Lamongan Banjir Pesanan dari Luar Jawa

3. Penjagaan juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaaan

Puluhan Rel Tanpa Penjaga dan Palang Pintu, Ini Upaya Dishub Lamongan IDN Times/ Imron

Lebih lanjut Elly mengatakan, upaya penjaga perlintasan KA tanpa palang pintu tersebut merupakan bentuk antisipasi Dishub Lamongan untuk menekan angka kecelakaaan. Apalagi, menjelang arus mudik dan balik lebaran, volume kendaraan yang melintas diperkirakan akan terus meningkat. "Ini juga upaya kami agar bisa menekan angka kecelakaaan maut yang biasa terjadi," ungkapnya.

4. Para pemudik diimbau untuk tetap waspada dalam berkendara

Puluhan Rel Tanpa Penjaga dan Palang Pintu, Ini Upaya Dishub Lamongan IDN Times/ Imron

Adapun sebelas titik perlintasan KA yang berpenjaga di sepanjang jalur KA di Lamongan, di antaranya di Desa Sawo, Plaosan, Moropelang, Warukulon, Tanggungan, Semlaran, depan Unisda, Jalan Pahlawan, Dapur, Keset dan Desa Deket. "Harapan kami, semoga arus mudik dan balik lebaran tahun ini, angka kecelakaaan bisa kita tekan. Dan bagi para pemudik saya minta supaya tetap berhati-hati dalam berkendara dan selamat sampai tujuan," harapnya.

 

Baca Juga: Pelebaran Akses Pabrik Ancam Sawah, Warga Lamongan Turun ke Jalan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya