Ponpes di Lamongan Diduga Sengaja Dibakar, Polisi Turun Tangan

Ponpes yang dibakar hanya berjarak 1 km dari Mapolsek Laren

Lamongan, IDN Times- Hanya selang satu Minggu, Pondok pesantren (Ponpes) Ma'had Al-Furqon Muhammadiyah di Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan kembali diduga dibakar oleh orang tak dikenal pada Jumat (8/1/2021). Selain waktunnya yang berdekatan, dugaan pembakaran itu muncul lantaran ditemukan adanya ceceran minyak tanah di lokasi kejadian. 

Polsek Laren yang sudah menerima laporan ini pun langsung melakukan penyelidikan. Lokasi ponpes sendiri hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Mapolsek Laren.

1. Polisi tengah menyelidiki dugaan pembakaran

Ponpes di Lamongan Diduga Sengaja Dibakar, Polisi Turun TanganPengasuh Ponpes menunjukkan lokasi bangunan yang habis terbakar. IDN Times/Imron

Saat ini, jajaran polisi Polsek Laren di bantu Tim INAFIS Polres Lamongan tengah melakukan upaya penyelidikan untuk mengungkap kasus tersebut. Polisi juga sudah membawa sejumlah bukti dari Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Ya memang lokasinya juga dekat, tapi bukan berarti kita kecolongan. Kasusnya juga sudah kita tangani kok mas," kata Kapolsek Laren AKP Suwandi, saat dihubungi IDN Times, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga: Sungai Bengawan Njero di Lamongan Meluap, Banjir Rendam 5 Kecamatan

2. Beruntung api tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan

Ponpes di Lamongan Diduga Sengaja Dibakar, Polisi Turun TanganSisa material kayu di Ponpes Muhammadiyah Laren yang hangus terbakar. IDN Times/Imron

Sebelumnya, pada 1 Januari 2021 sekitar pukul 12.00 ponpes tersebut juga terbakar. Beruntung, api hanya membakar rak sepatu dan galon air milik para santri laki-laki.

"Untuk kerugiannya juga masih belum kita hitung. Tapi, hanya rak sepatu saja yang hangus terbakar karena bangunan pondok juga terbuat dari tembok. Api padahal sempat membesar," jelasnya.

Suwandi sendiri belum bisa memastikan apakah kebakaran yang terjadi di ponpes tersebut sengaja dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab.  "Tapi yang pasti dengan adanya kejadian ini, kami jajaran kepolisian Polsek Laren akan terus melakukan patroli sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali," pungkasnya.

3. Hasil penyelidikan akan disampaikan kepada masyarakat

Ponpes di Lamongan Diduga Sengaja Dibakar, Polisi Turun TanganSisa material kayu di Ponpes Muhammadiyah Laren yang hangus terbakar. IDN Times/Imron

Sementara itu dihubungi terpisah, Kasat Reskrim Polres Lamongan AKP David Manurung mengatakan sudah menurunkan tim ke lokasi kejadian. Ia berjanji akan mempublikasi hasil penyelidikan kasus ini pada masyarakat.

"Intinya kami sudah melakukan penyelidikan. Nanti hasilnya kita akan sampaikan, itu saja dulu komentar dari kami, soalnya saya masih ada kegiatan sertijab Kapolres Lamongan baru," kata David singkat .

Baca Juga: Pesantren di Lamongan Dua Kali Terbakar, Diduga Sengaja Dibakar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya