Pernah Rawat Penderita SARS, RSUD dr Koesma Jadi Rujukan Pasien Corona

Siap melayani pasien corona di wilayah pantura

Tuban, IDN Times- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Tuban ditunjuk sebagai salah satu RS di Jawa Timur (Jatim) untuk menangani pasien virus corona. Sebelum ditunjuk, RS yang berada di tengah-tengah pusat Kabupaten Tuban ini juga pernah menangani penderita SARS.

1. Siapkan ruang isolasi bagi penderita corona

Pernah Rawat Penderita SARS, RSUD dr Koesma Jadi Rujukan Pasien CoronaDirektur RSUD dr Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi saat memberikan paparan kepada sejumlah pegawai RS. IDN Times/Istimewa

Direktur RSUD dr Koesma Tuban, dr. Saiful Hadi saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon selulernya membenarkan hal itu. Bahkan, pihak rumah sakit juga jauh hari sebelum virus corona ini masuk ke Indonesia RS sudah menyiapkan ruangan isolasi. "RSUD dr Koesma Tuban adalah salah satu RS yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim, sebagai rujukan pasien yang terjangkit virus corona," ucapnya.

2. Juga layani pasien dari luar Tuban

Pernah Rawat Penderita SARS, RSUD dr Koesma Jadi Rujukan Pasien CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saiful Hadi mengatakan, pihak RS tak hanya melayani pasien dari Kabupaten Tuban saja, tetapi juga berasal dari Kabupaten lain di wilayah pantura, seperti Lamongan dan Bojonegoro. "Dan setelah kami ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan, kami siap melayani jika memang terdapat pasien terjangkit virus corona di wilayah Jawa Timur bagian Barat dan Utara," ungkapnya.

3. Masyarakat diminta terapkan pola hidup sehat

Pernah Rawat Penderita SARS, RSUD dr Koesma Jadi Rujukan Pasien Coronailustrasi virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara itu hingga saat ini, masyarakat Tuban dan sekitarnya masih dinyatakan aman dari wabah virus corona. Namun jika ada masyarakat sakit atau mengalami gejala-gejala penyakit corona, pihaknya meminta agar segera menghubungi petugas kesehatan terdekat, atau langsung dibawa ke RSUD. "Satu lagi yang perlu kami ingatkan jangan lupa menjaga kebersihan dan cuci tangan pakai sabun, jika mau makan," terangnya.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

4. Sejumlah RS di Jatim juga ditunjuk untuk menangani pasien corona

Pernah Rawat Penderita SARS, RSUD dr Koesma Jadi Rujukan Pasien CoronaIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut Saiful Hadi menjelaskan, bahwa Selain RSUD dr. R. Koesma Tuban, rumah sakit lain di Jawa Timur yang ditunjuk sebagai rujukan penyakit yang diakibatkan corona virus ini. Rumah sakit itu di antaranya yaitu RS dr. Soetomo, RS Saiful Anwar, RS Soebandi, RS Djatikoesoemo, RS Pare, RS Blambangan, dan RS Soedono Madiun.

Baca Juga: Berlubang dan Kerap Makan Korban, Puluhan Bikers di Tuban Tambal Jalan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya