Periksa Kanker Gratis, Cara Relawan Jokowi Gaet Suara di Lamongan

Diadakan di dua kabupaten di Jawa Timur

Lamongan, IDN Times- Relawan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo -Ma'ruf Amin di Lamongan tidak melakukan kampanye terbuka dalam menggaet masa. Mereka justru menggelar aksi sosial dengan cara memberikan pelayanan kesehatan gratis terhadap ibu-ibu di Lamongan, Sabtu (6/4). 

Pemeriksaan penyakit kanker serviks gratis di Lamongan itu dimotori oleh Komunitas Ksatria Airlangga dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK). Mereka mengklaim aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap masyarakat.

1. Pemeriksaan kesehatan adalah bentuk kepedulian relawan Jokowi-Ma'ruf

Periksa Kanker Gratis, Cara Relawan Jokowi Gaet Suara di LamonganIDN Times/ Imron

Menurut Ketua Ksatria Airlangga, Teguh Prihandoko, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kanker serviks gratis ini merupakan aksi konkret relawan pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin terhadap kesehatan kaum ibu-ibu. "Kalau seorang ibu itu sehat maka dipastikan generasi berikutnya yang ia lahirkan akan sehat pula sebaliknya jika dia sakit maka akan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak mereka," katanya

2. Ibu-ibu jangan malu memeriksakan kesehatan organ intim ke dokter

Periksa Kanker Gratis, Cara Relawan Jokowi Gaet Suara di LamonganIDN Times/ Imron

Menurut dia, kasus kanker serviks yang saat ini menduduki peringkat ke empat sebagai penyakit mematikan di dunia, perlu diantisipasi sedini mungkin. Caranya dengan mengelar pemeriksaan gratis dan konsultasi mengenai pendeteksi kanker serviks sejak dini dan bagaimana penanganannya. "Jadi, banyak masyarakat yang masih belum mengetahui bahaya kanker serviks ini, untuk itu kita mengajak seluruh masyarakat agar mau memeriksakan diri," jelasnya.

Baca Juga: PDIP Siap Membuka Jalan Kemenangan Buat Jokowi-Ma'ruf Amin

3. Selain di Lamongan, acara serupa juga akan diadakan di Jember

Periksa Kanker Gratis, Cara Relawan Jokowi Gaet Suara di LamonganIDN Times/ Imron

Selain di Lamongan, kegiatan serupa juga akan diadakan di Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Kencong,  Senin (8/4) mendatang. Sasarannya adalah ibu-ibu dan remaja putri. Selain sebagai bentuk perhatian atas kaum perempuan, aksi ini merupakan dukungan atas program yang sudah dijalankan oleh ibu negara Iriana Jokowi Widodo.

"Karena kita tahu bahwa bulan April adalah bulannya kaum perempuan Indonesia karena bertepatan dengan peringatan Hari Kartini. Untuk itu, momentumnya sangat penting dan kita peduli terhadap perempuan," ungkapnya.

4. Wabup Lamongan memberikan apresiasi baik

Periksa Kanker Gratis, Cara Relawan Jokowi Gaet Suara di LamonganIDN Times/ Imron

Sementara itu, Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati menyatakan sangat mendukung langkah para alumni Ksatria Airlangga dan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK). Meski penderita kanker serviks di Lamongan sendiri tidak terlalu tinggi, ia mengatakan sosialisasi dan pemeriksaan seperti ini penting bagi banyak orang, terutama wanita. "Pastinya kita sangat mendukung kegiatan ini," kata dia.

Baca Juga: Sempat Hilang, Seorang Kakek di Lamongan Ditemukan Tewas Tenggelam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya