Pemkab Lamongan Tak Liburkan Sekolah dan Tetap Buka Objek Wisata

Bupati bantah ada dua warga Lamongan yang terjangkit corona

Lamongan, IDN Times - Di tengah merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 di Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan tetap bersikap tenang. Tak seperti di beberapa daerah, di Lamongan aktivitas sekolah tetap akan berlangsung seperti biasa. Bukan cuma itu, pemkab juga meminta objek wisata tetap dibuka.

"Tetap buka (objek wisata). Sekolah juga harus tetap masuk," tegas Bupati Lamongan Fadeli di CFD Alun-alun Lamongan, Minggu (15/3).

1. Di sekolah, siswa mendapatkan pengawasan ketat dari guru

Pemkab Lamongan Tak Liburkan Sekolah dan Tetap Buka Objek WisataAlun-alun Lamongan dipenuhi orang tua dan anak-anak di setiap hari Minggunya. IDN Times/Imron

Kebijakan itu bukannya tanpa dasar. Pemkab menilai bahwa siswa akan lebih mudah diawasi oleh guru jika tetap bersekolah.

"Di sekolah juga murid-murid itu dikasih makan. Makanan yang mengandung banyak gizi jadi sangat baik untuk kekebalan tubuh mereka," ungkap Fadeli.

2. Sekolah diminta untuk menerapkan pola hidup sehat

Pemkab Lamongan Tak Liburkan Sekolah dan Tetap Buka Objek WisataKapolres Lamongan AKBP Harun saat mendemonstrasikan cara cuci tangan agar terhindar dari virus corona. IDN Times/Imron

Kendati tidak diliburkan, namun pemkab tetap mengintruksikan kepada tiap-tiap sekolah agar menjaga pola hidup sehat. Contohnya seperti mewajibkan setiap siswa untuk mencuci tangan dengan sabun dan membersihkan area sekolah.

"Upaya pencegahan terus kami lakukan, baik di tempat umum maupun sekolah. Tujuannya agar wabah virus corona ini tidak meluas sampai Lamongan," imbuhnya.

Baca Juga: Ada 11 Pasien dalam Pengawasan di Jatim, Semuanya Negatif Corona

3. Bupati bantah dua orang terkena virus corona di Lamongan.

Pemkab Lamongan Tak Liburkan Sekolah dan Tetap Buka Objek WisataBupati Lamongan Fadeli memberikan hadiah. IDN Times/Imron

Sejauh ini, lanjut Fadeli, Lamongan masih aman dari ancaman virus corona. Fadeli membantah isu dua warga Lamongan yang positif corona. Isu tersebut sudah beredar luas di masyarakat.

"Itu tidak benar kalau ada dua orang terkena corona. Mereka sudah diperiksa di RSUD dr Soegiri dan hasilnya negatif," tegasnya.

4. Forkompimda Lamongan siap menanggulangi virus corona

Pemkab Lamongan Tak Liburkan Sekolah dan Tetap Buka Objek WisataWarga menggelar acara car free day di Alun-alun Kota Lamongan. IDN Times/Imron

Pemerintah berserta TNI dan Polri terus memantau perkembangan penyebaran virus corona di Lamongan. Termasuk membentuk tim penanggulangan virus serta mempersiapkan tempat isolasi bagi masyarakat yang nantinya terjangkit virus corona. "Ya mudah-mudahan Lamongan terhindar dari virus corona. Mohon doanya semoga Lamongan aman," pungkasnya.

Baca Juga: CFD Masih Boleh di Lamongan, Dinkes Cek Suhu dan Bagi Hand Sanitizer

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya