Comscore Tracker

Pemilu 2019, Pangdam V Brawijaya Tegaskan Netralitas TNI

Siap kawal pemilu 2019

Tuban, IDN Times - Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, mengingatkan seluruh prajurit TNI untuk tetap menjaga netralitas saat pemilu 2019. Menurutnya tugas TNI adalah menjaga keamanan dan ketertiban bersama Polri di wilayah hukum masing-masing.

"Kami tetap mengingatkan kepada jajaran TNI, agar tetap netral jelang pemilu 2019 mendatang, dan saya jamin netralitas TNI adalah harga mati. Itu sudah sering kami sampaikan kepada prajurit TNI di seluruh wilayah Jatim," katanya saat mengelar lawatan di Tuban, Jumat (11/1).

Baca Juga: TNI Sita 400 Kilogram Bahan Peledak di Maros

1. Siap berikan sanksi tegas bagi prajurit yang tidak netral

Pemilu 2019, Pangdam V Brawijaya Tegaskan Netralitas TNIIDN Times/ Imron

Jika nantinya ada prajurit TNI yang tidak netral dan condong mengarah ke salah satu pihak pada saat pemilu 2019, maka prajurit yang melanggar akan ditindak. "Jangan coba-coba untuk tidak netral, jika nanti kedapatan melanggar, pasti kami tindak," jelas dia.

2. TNI siap amankan pemilu 2019

Pemilu 2019, Pangdam V Brawijaya Tegaskan Netralitas TNIIDN Times/ Imron

Memasuki tahun politik 2019 ini, TNI tetap menjaga keamanan dari gangguan potensi konflik yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Tuban. Oleh karena itu, diharapkan pemilu 2019 nanti bisa berlangsung dengan aman dan kondusif.

"Dalam rangka menghadapi pemilu nanti, seluruh anggota TNI baik di tingkat desa maupun kota juga ikut serta membantu mengamankan jalannya pemilu," tegasnya.

3. Memberikan apresiasi kepada TNI

Pemilu 2019, Pangdam V Brawijaya Tegaskan Netralitas TNIIDN Times/ Imron

Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0811 Tuban.  Kodim 0811 Tuban menurutnya sudah bekerja keras mengamankan sejumlah agenda penting di Tuban bersama polisi, seperti perhelatan pemilihan kepala daerah Gubernur Jatim, perayaan Natal dan Tahun baru.

"Saya sangat memberikan apresiasi karena sudah bekerja dengan baik dalam pengamanan sepanjang tahun 2018 hingga memasuki 2019 ini," katanya.

4. Pangdam V Brawijaya berikan penghargaan kepada prajurit TNI

Pemilu 2019, Pangdam V Brawijaya Tegaskan Netralitas TNIIDN Times/ Imron

Selain menggelar agenda tatap muka bersama prajurit TNI di Makodim Tuban, Pangdam juga memberikan pengarahan, sekaligus memberikan penghargaan kepada sejumlah prajurit TNI di Tuban.

"Jadi agenda kunjungan hari ini adalah dalam rangka untuk tatap muka dan memberikan pengarahan kepada anggota Kodim Tuban," jelasnya.

5. Berkunjung ke Sunan Bonang dan Ponpes Langitan

Pemilu 2019, Pangdam V Brawijaya Tegaskan Netralitas TNIIDN Times/ Imron

Usai menghadiri acara di Kodim 0811 Tuban, Pangdam V/Brawijaya akan bertolak ke sejumlah lokasi. Dia akan mengunjungi Makam Sunan Bonang dan Mengelar silahturahmi dengan sejumlah santri dan kiai di pondok pesantren (Ponpes) Langit, Kecamatan Widang Kabupaten Lamongan. 

Baca Juga: Penembak Anggota TNI Letkol Dono Ditangkap di Pasar Jengki

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You