Pamit Ke Toilet, Pria Bojonegoro Malah Ceburkan Diri ke Dalam Sumur

Ia terlihat depresi pada beberapa hari sebelumnya

Bojonegoro, IDN Times- Diduga mengalami depresi berat, seorang pria bernama Tarjo (41), warga Desa Ngrandu, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro nekat mengakhiri hidup. Ia menceburkan diri ke sumur sedalam 5,5 meter Jumat (15/1/2021), malam.

Kapolsek Kedungadem, Iptu Fatkur Rahman saat dikonfirmasi mengatakan, peristiwa bermula saat korban berpamitan dengan istrinya Heni Marlina (39). Saat itu korban mengaku ingin pergi buang air kecil ke toilet pada pukul 22.30 WIB.

1. Istri korban berteriak setelah melihat suaminya menceburkan diri ke sumur

Pamit Ke Toilet, Pria Bojonegoro Malah Ceburkan Diri ke Dalam SumurPetugas gabungan melakukan evakuasi korban di dalam sumur. Dok. Polsek Kedungadem Bojonegoro

Namun, Heni merasa curiga karena suaminya malah berjalan ke belakang, bukannya menuju ke toilet yang terletak di depan rumah. Akhirnya, ia pun berusaha mengejar korban. 

"Setelah itu, istrinya sudah mengetahui korban berdiri di atas sumur dan langsung melompat. Heni kemudian berteriak meminta tolong," kata Fatkur kepada IDN Times, Sabtu (16/1/2021).

2. Sebelum bunuh diri, korban sering mengurung diri di dalam rumah

Pamit Ke Toilet, Pria Bojonegoro Malah Ceburkan Diri ke Dalam SumurPetugas gabungan melakukan evakuasi korban di dalam sumur. Dok. Polsek Kedungadem Bojonegoro

Mendengar suara teriakan Heni, sejumlah tetangga langsung mendatangi rumah korban. Salah satu dari mereka akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Korban sendiri, lanjut Fatkur Rahman, beberapa hari terakhir terlihat mengalami depresi berat. 

"Korban sering mengurung diri di dalam rumah. Atas dasar itu, korban nekat melompat ke dalam sumur," jelasnya.

3. Petugas berhasil mengevakuasi korban dari dalam sumur pada pukul 02.05 WIB

Pamit Ke Toilet, Pria Bojonegoro Malah Ceburkan Diri ke Dalam SumurPetugas gabungan melakukan evakuasi korban di dalam sumur. Dok. Polsek Kedungadem Bojonegoro

Untuk mengevakuasi korban yang berada di dalam sumur, polisi meminta bantuan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro. Jasad korban akhirnya berhasil diangkat dari dalam sumur pada Sabtu pukul 02.05 WIB. Dari hasil pemeriksaan medis sementara, polisi tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Selanjutnya, jasad korban diserahkan kepada pihak keluarga untuk segera dikebumikan.

 

Jika kamu membutuhkan informasi dan konsultasi terkait hal seperti ini, kamu bisa menghubungi beberapa kontak di bawah ini:

 

NGO Indonesia: Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454


 


Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 


Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.


Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.


Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:


RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

Baca Juga: 11 Artis India yang Meninggal di Tahun 2020, Banyak yang Bunuh Diri!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya