Napi Tuban Terima Paket Narkoba, Dilempar dari Luar LP

Ia memesannya melalui wartel yang berada di LP

Tuban, IDN Times - Salah seorang tahanan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Tuban berinisial SI dicuduk petugas Lapas usai menerima paket narkoba jenis pil dobel L. Ia menerima paket narkoba itu dari seseorang yang sengaja melemparnya, Kamis (12/08/21). 

1. Petugas curiga ada bungkusan plastik putih tergeletak di lapangan

Napi Tuban Terima Paket Narkoba, Dilempar dari Luar LPPetugas mengamankan pelaku kepemilikan pil dobel L. Dok Istimewa

Pengungkapan penyelundupan pil dobel L ke dalam Lapas Tuban tersebut bermula dari kecurigaan petugas yang menemukan bungkusan plastik putih tergeletak di lapangan. Petugas kemudian melakukan pengintaian untuk memastikan siapa pemilik barang tersebut.

"Sekitar pukul 04.56 WIB, petugas Portir kami melihat bungkus plastik yang dilempar dari luar Lapas mendarat tepat di lapangan. Setelah dicek, ternyata barang tersebut adalah pil dobel L," kata Kepala Lapas Tuban, Siswarno.

2. Barang yang dilempar dari luar Lapas akhirnya diambil pemiliknya

Napi Tuban Terima Paket Narkoba, Dilempar dari Luar LPPetugas mengamankan pelaku kepemilikan pil dobel L. Dok Istimewa

Ppengintaian terhadap barang tersebut akhirnya membuahkan hasil sekitar pukul 05.03 WIB. Salah seorang narapidana yang biasanya bekerja di dapur berinisial SI mengambil bungkusan tersebut. Petugas pun menangkap dan memeriksanya.

"Jadi SI ini yang seharusnya menuju ke dapur. Ternyata malah mengambil barang haram tersebut kita duga barang tersebut milik saudara SI," jelasnya.

Baca Juga: Selama Pandemik COVID-19, 7 Dokter di Tuban Gugur

3. Petugas juga meringkus tiga warga binaan lainnya

Napi Tuban Terima Paket Narkoba, Dilempar dari Luar LPPelaku SI saat mengambil paketan narkoba yang dilempar dari luar penjara. Dok Istimewa

Setelah dilakukan pengembangan, ternyata barang haram tersebut sengaja ia pesan dari luar LP. Pelaku memesan pil dobel L tersebut melalui wartel yang tersedia di dalam Lapas Tuban. SI juga meminta agar pil dobel L tersebut dilempar tepat di lapangan Lapas. Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan 1.028 butir pil dobel L dan HP yang diselundupkan ke dalam Lapas.

"Kasus tersebut kemudian kita kembangkan dan dari hasil pengembangan tersebut kita amankan tiga lagi warga binaan masing-masing MM, MS, dan US. Ketiganya saat ini sudah dibawa ke Mapolres Tuban," jelasnya.

Baca Juga: Pengamanan Lapas Madiun Diperketat Setelah Ada Napi Kabur

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya