Modus Buang Air Kecil, Seorang Tahanan di Gresik Kabur

Pelaku sempat berkelahi dengan petugas sebelum kabur

Gresik, IDN Times - Seorang tahanan kasus pencurian kendaraan bemotor (curanmor) yang diketahui bernama Wihelmus (38) asal Sikka Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil kbur dari penjara. Tahanan Mapolsek Driyorejo, Kabupaten Gresik itu kabur dengan modus buang air kecil. Setelah itu ia berhasil kabur, meski sempat terlibat baku hantam dengan salah seorang petugas staf Kejaksaan Negeri Gresik, Kamis (2/12/2021) petang.

1. Tahanan tersebut kabur saat sedang buang air kecil

Modus Buang Air Kecil, Seorang Tahanan di Gresik KaburIlustrasi para tahanan. (Twitter.com/PalPrisoners)

Kapolsek Driyorejo Kompol Zunaedi saat dihubungi membenarkan peristiwa itu, pelaku kabur setelah petugas kejaksaan membawa kembali tahanan tersebut ke mapolsek. Saat berada di polsek petugas melepas borgol tangan karena Wihelmus sendiri ingin buang air kecil.

"Kabur saat dibawa kembali ke mapolsek. Saat itu, Wihelmus beralasan ingin kencing akhirnya dilepas borgolnya dan melarikan diri," kata Zunaedi.

Baca Juga: Hari AIDS, Rutan Gresik Skrining Ratusan Napi

2. Kapolsek mengaku tahanan yang kabur merupakan tanggung jawab kejaksaan

Modus Buang Air Kecil, Seorang Tahanan di Gresik KaburIlustrasi penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Zunaedi menjelaskan, sebenarnya tahanan pencurian kendaraan bermotor telah berstatus sebagai tahanan kejaksaan, mengingat berkas perkaranya sudah tahap P21. Itu artinya tahanan tersebut sepenuhnya tanggung jawab dari pihak kejaksaan. Sementara terkait dengan tahanan yang dibawa balik ke mapolsek, Zunaedi sendiri mengaku tidak tahu.

"Karena berkas perkaranya sudah tahap P21 ya itu wewenang dari kejaksaan dan terkait kenapa tahanan ini dibawa ke mapolsek kita masih perlu koordinasi dengan pihak kejaksaan," ungkapnya.

3. Pelaku diketahui mengalami luka usai terlihat perkelahian dengan petugas kejaksaan

Modus Buang Air Kecil, Seorang Tahanan di Gresik KaburDok. KBR.id

Meski berhasil kabur. Namun tahanan tersebut diketahui mengalami luka ditubuhnya akibat terlibat perkelahian dengan salah seorang petugas Kejaksaan yang bernama David tersebut. Setelah berhasil melarikan diri tahanan Wihelmus, lanjut Zunaedi saat ini tengah diburu oleh petugas.

"Pelaku sendiri ditahan karena terlibat kasus pencurian sepeda motor, pelaku juga diketahui berasal dari luar Jawa," pungkasnya. Sementara itu hingga berita ini ditulis, pihak kejaksaan negeri Gresik masih belum bisa dimintai keterangan.

Baca Juga: Fandi Akhmad Yani, Pebisnis Tulen yang Jadi Bupati Gresik

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya