Meski Puas, Masyarakat Pertanyakan Lapangan Kerja Era Jokowi

Jokowi dianggap belum sediakan lapangan kerja

Tuban, IDN Times - Hasil survei yang dilakukan Indopolling menunjukkan pasangan Capres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat 54,1 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno hanya mendapatkan 10,2 persen. 

Survei itu dilakukan di Bojonegoro dan Tuban yang merupakan Daerah Pemilihan (Dapil) XI Jawa Timur. Dalam survei itu Indopol mengambil 880 koresponden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dan margin eror 3,2 persen. 

"Survei ini kami lakukan periode 11-21 Desember 2018 lalu dan hasilnya pasangan nomor urut 01 memperoleh tingkat kepercayaan tinggi di masyarakat," kata Direktur Riset Indopolling, Dewi Arum Nawang Wungu, pada Selasa (15/1).

Baca Juga: Begini Kata Kubu Jokowi soal Pidato Kebangsaan Prabowo

1. Masyarakat Bojonegoro dan Tuban puas dengan kinerja Jokowi

Meski Puas, Masyarakat Pertanyakan Lapangan Kerja Era JokowiIDN Times/Imron

Arum mengatakan tingkat perolehan suara yang tinggi itu, tidak lepas dari indeks kepuasan masyarakat di Dapil Jatim IX atas kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla selama empat tahun.

Capaian kepuasan kinerja Jokowi-JK di atas 78,1 persen, sedangkan 13,6 persen masyarakat belum puas, dan 8,2 persen masyarakat tidak menjawab.

"Masyarakat Bojonegoro-Tuban sangat puas dengan kinerja Jokowi selama memimpin Indonesia," jelasnya.

2. Program pemerintah dianggap masyarakat tepat sasaran

Meski Puas, Masyarakat Pertanyakan Lapangan Kerja Era JokowiIDN Times/Imron

Selain itu, program yang dijalankan Jokowi selama empat tahun dinilai tepat sasaran. Untuk program pendidikan saat pemerintahan Jokowi, mendapat kepuasan masyarakat sebesar 78,8 persen.

Tak hanya itu, untuk penyelenggaraan pelayanan program kesehatan juga dianggap baik dan memperoleh penilaian dari masyarakat sebesar 77,8 persen.

"Pembangunan infrastruktur juga mendapat nilai 70,1 persen dan penyediaan kebutuhan pokok sebesar 67,8 persen," jelasnya.

3. Jokowi masih belum bisa menyediakan lapangan pekerjaan

Meski Puas, Masyarakat Pertanyakan Lapangan Kerja Era JokowiIDN Times/Imron

Sementara itu, kinerja Jokowi yang masih dianggap kurang berhasil oleh masyarakat Bojonegoro dan Tuban adalah dalam penyediaan lapangan kerja dan pemberantasan korupsi.

Meski pencapaian kinerja dibidang pengentasan angka pengangguran tidak berjalan dengan maksimal, namun Arum mengaku duet Jokowi -Ma’ruf terlihat unggul di semua zona wilayah dapil DPRD Kabupaten Kabupaten Tuban maupun Bojonegoro.

4. PKB unggul diantara parpol lainnya

Meski Puas, Masyarakat Pertanyakan Lapangan Kerja Era JokowiIDN Times/Imron

Dalam survei Indopol juga diketahui jika PKB masih jadi pilihan warga Bojonegoro dan Tuban yang paling tinggi dengan perolehan sebesar 23,0 persen. PKB disusul oleh PDI Perjuangan 17,4 persen, Partai Golkar 7,4 persen, Partai Gerindra 5,3 persen, Partai Demokrat 3,3 persen, Partai Nasdem 1,9 persen, PPP 1,7 persen, Partai Perindo 1,6 persen, PAN 0,9 persen, dan PKS 0,8 persen.  

"Untuk  PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda masing-masing memperoleh 0,2 persen dan PBB berada di posisi paling buncit dengan elektabilitas 0,1 persen," terangnya.

5. Partai Demokrat melorot diposisikan 5

Meski Puas, Masyarakat Pertanyakan Lapangan Kerja Era JokowiIDN Times/Imron

Dari temuan peta elektoral partai, di Dapil IX Jatim terdapat pergeseran konfigurasi dukungan partai dibandingkan perolehan suara pada pileg 2014 lalu. Partai Demokrat yang pada pileg 2014 berada di posisi kedua setelah PKB, saat ini terpental ke urutan kelima. 

"Sementara PDI Perjuangan yang pada pileg 2014 berada di posisi ketiga sudah berhasil merebut posisi runner up menggusur Partai Demokrat," katanya. 

Baca Juga: Kebijakan dan Janji Populis Jokowi Jelang Pilpres 2019

Topik:

  • Anata Siregar
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya